BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kegiatan Pengendalian OPT Teh di Kabupaten Garut

  Jun 20, 2016     Admin BPTP  

   Teh (Camellia sinensis L.) dari familia Theaceae merupakan tanaman yang diambil pucuknya untuk bahan minuman. Teh merupakan salah satu komoditas perkebunan yang handal untuk meningkatkan devisa Negara. Namun demikian, serangan OPT menjadi salah satu faktor pembatas dalam peningkatan produksi teh. Kerugian hasil produksi yang disebabkan oleh serangan OPT mencapai 30%, serangan berat dapat menurunkan produksi hingga 50%. Hama utama tanaman teh diantaranya Ulat jengkal (Plusia chalcites), Empoasca (Empoasca sp.), dan Helopeltis (Helopeltis spp.) dan penyakit utama yang sering menyerang tanaman teh cacar daun teh (Exobasidium vexans), Penyakit busuk daun (Cylindrocladium scoparium dan Glomerella cingulate) dan penyakit akar. Pengendalian yang dilakukan oleh petani umumnya menggunakan pestisida sintetik. Biaya yang dikeluarkan untuk pestisida sintetik dapat mencapai 20% dari total biaya produksi. Untuk itu diperlukan teknik pengendalian OPT menggunakan agen pengendali hayati.

  Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan pengendalian OPT teh menggunakan agen pengendali hayati jamur Beauveria sp. di Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan anggota dari kelompok tani sinar harapan 19 yang diketuai oleh Yayat Hidayat. Petani di desa Keramat Wangi, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut telah menjadi petani teh sejak lama. Perkebunan rakyat milik petani ini seluas 20 Ha dengan varietas teh yang ditanam ialah varietas TRI 2025. OPT dominan yang menyerang tanaman teh di wilayah tersebut ialah Helopeltis sp. dan Blister blight. Kedua OPT tersebut menyebabkan kerusakan pada tanaman teh hingga 40%. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari para petani. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan sosialisasi pengendalian OPT teh, dilanjutkan dengan pengamatan serangan OPT, aplikasi dan perbanyakan agen hayati jamur Beauveria sp. setiap petani diberikan arahan tentang cara perbanyakan agen hayati jamur Beauveria sp.

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id