BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Aplikasi Pestisida Nabati ke - 3 Pada OPT Tembakau di Kab Bandung

  Jun 23, 2016     Admin BPTP  

Rabu, 22 Juni 2016, Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, melaksanakan kegiatan aplikasi Pengendalian OPT Tembakau ke - 3 (Tiga). Dengan Menggunakan Pestisida Ekstrak Biji Nimba. Lokasi kegiatan di Kelompok Tani Nyimas Doyong Kabupaten Bandung.

Berdasarkan hasil pengamatan serangan OPT di lokasi kegiatan masih didominasi oleh penyakit patik (Cercospora nicotianae), hal ini disebabkan oleh cuaca yang ekstrem yang sangat mempengaruhi perkebangan penyakit patik berkembang dengan cepat. Penyakit patik ini dapat berkembang sejak di pembibitan, dilapangan bahkan setelah daun dipetik dan selama proses pengeringan daun di bangsal/gudang. Hal ini berarti jamur tersebut tidak hanya membahayakan tanaman tembakau pada fase tertentu saja, namun juga mulai pembibitan hingga pasca panen. Bercak-bercak tersebut biasanya muncul pada daun bawah atau daun tua (yang telah matang), karena daun-daun ini lebih rentan dari pada daun-daun yang masih muda. Meskipun demikian bila cuaca lembab dan kondisi alam mendukung untuk perkembangan jamur serta penyebaran penyakit sudah meluas, maka serangan bercak daun dapat terjadi juga pada daun yang masih muda.

Penyakit ini dapat berkembang bila pemetikan daun terlambat dilakukan sehingga daun sudah dalam kondisi terlalu matang. Semakin tua daun maka semakin besar resikonya atau semakin rentan untuk diinfeksi oleh jamur Cercospora nicotianae. Penyakit akan sangat cepat meluas bila kondisi alam mendukung yaitu bila kelembaban udara di areal tanaman tembakau cukup tinggi hasilnya karena curah hujan dan suhu udara yang tinggi.

Jamur Cercospora nicotianae ini dapat mempertahankan diri dalam waktu yang lama pada sisa-sisa tanaman tembakau, misalnya batang atau daun yang sudah kering. Bahkan bila melekat pada biji tembakau, jamur ini dapat hidup sampai satu tahun lamanya. Tidak hanya tembakau saja yang menjadi inang namun Cescospora nicotianae mampu menjadikan tanaman seperti terong, cabai, kecubung dan masih banyak lagi sebagai inang alternatif sebelum menyerang tanaman tembakau yang berada di dekatnya.

Daun-daun yang telah terkena penyakit patik ini harus segera dipetik, agar tidak menjadi sumber penular bagi daun lainnya. Penyemprotan ekstrak nimba juga dapat menjadi langkah pencegahan penularan penyakit patik. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat aktif Azadirachtin yang terdapat pada nimba.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id