BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengajian Rutin Bulanan di Balai Proteksi Tanaman Perkebunan

  Jul 01, 2016     Admin BPTP  

Pasirjati – Senin, 27 Juni 2016 bertempat di Mushola Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan diselenggarakan pengajian rutin bulanan dengan penceramah Bapak Ust Enang.  Cermah tersebut berisi tentang “Waktu”. Waktu semakin tak terasa menuju hari fitri. Pada awal Ramadan terasa begitu waktu berjalan, namun ketika telah dipenghujung Ramadan terasa begitu cepat. Shaum yang kita jalani saat ini merupakan sebuah anugerah yang Allah beirkan karena Allah masih memberikan kesempatan kepada kita semua untuk mengerjakan perintahNya. Shaum harus didasari dengan iman dan taqwa. Sebagaimana firman Allah didalam Al-Baqarah ayat 183. 

 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

 

Shaum yang kita lakukan sekarang merupakan penyambung antara iman dan takwa. Karena iman merupakan hal yang mendasar pada diri seorang muslim sedangkan shaum tanpa takwa hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Waktu bagaikan mata pisau, hal ini disebabkan karena waktu apabila tidak dipergunakan sebaik-baiknya semaksimalnya akan melalaikan kita. Waktu tidak akan berkurang ataupun bertambah waktu merupakan sebuah ketetapan. Seperti halnya dengan kematian, kematian merupakan hal yang akan dialami oleh setiap mahluk yang bernyawa. Mengingat –ingat kematian terasa asing bagi kita. Padahal Rasulullah pernah bersabda bahwa sesungguhnya kematian ialah teman yang paling dekat dengan kita. Seolah-olah waktu yang Allah berikan tidaklah pernah cukup bagi kita. Bahwasannya semua mahluk Allah diberikan waktu yang sama 24 jam, namun yang menentukan baik ataupun buruknya ialah hasil akhirnya. Waktu merupakan hal yang tidak akan terulang kembali. Maka berlomba-lombalah dalam mengerjakan kebaikan. Sesungguhnya Allah telah berfirman dalam surat Al-Ashr 1-3 yang berbunyi

Demi masa. Sesungguhnya manusia dalam kerugian melainkan yang beriman dan beramal sholeh dan berpesan-pesanan dalam kebenaran dan berpesan-pesanan dalam kesabaran.

Sesungguhnya telah datang 5 perkara sebelum 5 perkara yaitu

  1. Muda sebelum tua
  2. Lapang sebelum sempit
  3. Sehat sebelum sakit
  4. Kaya sebelum miskin
  5. Hidup sebelum mati

Untuk itu sebagai muslim pandai-pandailah memanfaatkan waktu yang Allah berikan, karena sesungguhnya setiap hal yang kita lakukan akan dimintai pertanggung jawabannya. Rasa bersyukur kepada allah, karena kita semua masih diberikan kesempatan untuk memasuki bulan yang penuh mulia ini, yakni bulan ramadhan. Karena pada bulan ini Allah Swt, banyak sekali memberikan keistimewaan-keistimewaan jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya, yakni tentang kewajiban melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Pada bulan yang suci ini kita dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, juga disertai dengan keimanan yang kuat. Allah Swt senantiasa membukakan pintu keberkahan dan jaminan akan surga yang penuh dengan kenikmatan bagi orang orang yang beriman dan bertaqwa.

Ada dua macam kenikmatan yang diperoleh kaum muslimin, ketika menjalankan ibadah puasa :

  1. Nikmat yang dirasakan ketika berbuka puasa
  2. Nikmat ketika dipertemukan dengan rabb Nya nanti di yaumil akhir, yang merupakan puncak kenikmatan tertinggi.

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id