BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Penutupan Kegiatan Pengendalian OPT Tembakau di Kabupaten Garut

  Jul 26, 2016     Admin BPTP  

BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, melaksanakan Acara Penutupan Kegiatan Pengendalian OPT Tembakau. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2016, bertempat di Kelompok Tani Hegarmanah Desa Karang Tengah Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Acara tersebut dihadiri oleh :

  1. Kabid Perlindungan Dinas Perkebunan Kabupaten Garut dan staff
  2. Kepala BP3K Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut
  3. Kepala Desa Karang Tengah Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut
  4. Ketua Kelompok Tani Hegarmanah
  5. Anggota Kelompok Tani Hegarmanah

Dalam sambutannya, Kabid Perlindungan Dinas Perkebunan Kabupaten Garut menyampaikan bahwa, acara kegiatan pengendalian OPT Tembakau yang telah selesai dilaksanakan, perlu diadakannya tindak lanjut dari para petani. Sehingga kegiatan tersebut tidak akan terhenti sampai disini saja, pengalaman dan pengetahuan yang telah didapat, harus ditularkan kepada petani lainnya. Bukan hanya pada kelompok tani, juga kepada para petani yang tidak termasuk kelompok tani. Terutama metode pengamatan yang sangat bermanfaat untuk kedepannya dalam menentukan tindakan pengendalian OPT, juga dalam hal pembuatan serta penggunaan pestisida nabati yang merupakan salah satu langkah pengendalian yang ramah lingkungan.

BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan 200 (Dua Ratus) bibit tanaman nimba kepada para petani, sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pengendalian dalam rangka pengendalian OPT yang ramah lingkungan, yang diberikan secara simbolis oleh Fungsional POPT Disbun Jabar yang diwakili oleh Bpk. Mochamad Sopian Ansori, SP.,MP kepada Bpk. Ijad selaku Ketua Kelompok Tani Hegarmanah.

Ucapan terima kasih mengalir kepada pemerintah, dalam hal ini BPTP Dinas Perkebunan Provinsi Jabar, yang telah menyelenggarakan kegiatan pengendalian OPT tembakau sebagai bentuk kepedulian terhadap petani tembakau dan semoga di tahun yang akan datang, bisa ditingkatkan lagi. Ungkap salah seorang peserta saat memberikan kesan dan pesan selama penyelenggaraan Pengendalian OPT Tembakau.

Kesimpulan hasil dari pelaksanaan kegiatan pengendalian OPT Tembakau di Kelompok Tani Hegar Manah, Desa Karang Tengah, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut diantaranya adalah :

  1. OPT yang ditemukan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut diantaranya ulat grayak (litura), ulat pupus (H.armigera), belalang (V. nigricornis), kutu daun (M. persicae), layu bakteri (P. palmivora), patik (C. nicotianae), Mosaik (TMV).
  2. La nina atau kemarau basah berpengaruh terhadap perkembangan hama dan penyakit tanaman. Serangga hama akan lebih mudah berkembangan ketika berada pada suhu optimum. Pada suhu optimum serangga hama akan lebih cepat berkembang biak, sedangkan penyebaran penyakit lebih cepat karena keberadaan hifa jamur, penyebaran spora patogen dan perkecambahan serta pertumbuhan patogen.
  3. Penyemprotan pestisida nabati biji nimba dengan dosis 20 ml/liter pada pagi dan sore hari efektif menurunkan intensitas serangan OPT tembakau. Intensitas serangan pada minggu pertama sebelum aplikasi pestisida nabati biji nimba ulat 41,20%, aphid 21,69% dan penyakit patik 25,73% dan pada minggu ke empat intensitas serangan ulat menjadi 21,85%, Aphid 8,74%, dan penyakit patik 7,11% berangsur menurun hingga minggu ke 4.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id