BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

KEGIATAN VALIDASI DATA SIMAKIT TRIWULAN II TAHUN 2016

  Jul 28, 2016     Admin BPTP  

Bertempat di Aula Utama Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Seksi Pengembangan Teknologi PHT menyelenggarakan kegiatan Validasi Data Simakit Triwulan II Tahun 2016, pada tanggal 27 & 28 Juli 2016.

Kegiatan Validasi Simakit Triwulan II Tahun 2016 kali ini diikuti oleh 28 orang, yang semuanya merupakan perwakilan dinas yang mengelola data Simakit, dari masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Sekertaris Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Bapak Drs. Dedi Sutardi M.Pd. Beliau meminta permohonan maaf sebesar-besarnya atas ketidakhadiran Bapak Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, dikarenakan adanya agenda kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, mudah-mudahan dengan ketidakhadirannya beliau, tidak mengurangi semangat dan partisipasi dari bapak dan ibu sekalian, untuk turut serta dalam mensukseskan acara kegiatan Validasi Data Simakit Triwulan Ke II.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, perlindungan tanaman memiliki ruang lingkup yang luas, karena perlindungan tanaman dilaksanakan pada masa pra tanam, masa pertumbuhan tanaman, dan masa pasca panen. Oleh karena itu PHT memerankan peran yang sangat penting sebagai salah upaya untuk mengendalikan populasi hama, agar tetap berada dibawah ambang batas yang tidak merugikan secara ekonomi, juga meningkatkan produksi dan kualitas produksi serta meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani.

Kegiatan pengamatan dan pengumpulan informasi serangan OPT, merupakan kegiatan yang paling mendasar dalam melaksanakan kegiatan pengendalian dan harus dilaksanakan secara profesional serta berkesinambungan, sehingga hama penyakit bisa dicegah sedini mungkin. Sesuai dengan apa yang telah diamanatkan melalui peraturan perundang-undang Nomor 12 Tahun 1992 Tentang Sistem Budidaya Tanaman dan pada Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1995 Tentang Perlindungan Tanaman.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Validasi Data Simakit ini adalah, untuk meningkatkan kerjasama serta sinkronisasi data dengan para petugas Kabupaten/Kota, mengenai informasi hama dan penyakit yang tersebar di Provinsi Jawa Barat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai acuan dasar untuk kegiatan pengendalian Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Jawa Barat di masa yang akan datang.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id