BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kegiatan Pengendalian OPT Tembakau di Kabupaten Pangandaran

  Aug 03, 2016     Admin BPTP  

   Tembakau merupakan salah satu komoditas unggulan Jawa Barat. Potensi tembakau sebagai “emas hijau” karena keberadaannya memberi dampak kepada tiga sektor sekaligus: pertanian, tenaga kerja, industri, hingga penerimaan negara lewat cukai. Sebagai komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi pengelolaan tembakau melibatkan banyak tenaga kerja sejak pembibitan hingga pembuatannya menjadi rokok dan cerutu. Mengingat permintaan pasar yang tinggi terhadap tembakau perlunya usaha peningkatan produktivitas tanaman tembakau, namun terdapat kendala dalam usaha peningkatan produktivitas tembakau salah satunya serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). Teknik pengendalian yang sering dilakukan oleh petani dengan menggunakan pestisida sintetik. Penggunaan pestisida sintetik yang berlebihan dan tidak bijaksana akan berdampak terhadap lingkungan dan organisme non target Dewasa ini berbagai alternatif pengendalian yang ramah lingkungan dilakukan salah satunya dengan menggunakan pestisida nabati. Pestisida nabati merupakan pestisida yang bahannya berasal dari tanaman. Pestisida nabati jenis nimba dapat mengendalian OPT melalui dua cara yaitu cara preventif (mencegah OPT masuk ke pertanaman) dan cara kuratif (mengendalikan OPT yang telah ada pada pertanaman).

   Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan  pengendalian OPT Tembakau menggunakan pestisida nabati jenis nimba di Desa Maruyungsari Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 2 & 3 Agustus 2016. Kelompok tani yang dikunjungi kelompok Tani Tirta Sari II, ketua kelompok tani Bapak Mino S dengan jumlah anggota masing-masing sebanyak 25 orang. Dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Bapak Dede Wahyu, SP.,MP memberikan arahan terkait pengendalian OPT tembakau menggunakan pestisida nabati jenis nimba. Petani menuturkan bahwa serangan OPT dominan di Desa Maruyungsari hama ulat, belalang, penyakit patik dan virus kerupuk. Petani juga diberikan pembengkalan tentang pembuatan pestisida nabati biji nimba.

Hal lain yang disampaikan kepada peserta kegiatan pada acara sosialisasi, adalah :

  • Pengenalan OPT penting pada tanaman tembakau,
  • Pengamatan OPT pada tanaman tembakau
  • Teknis pembuatan pestisida nabati biji nimba.

 

 

 

 

 

 

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id