BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kegiatan Pengendalian OPT Tembakau di Kota Banjar

  Aug 03, 2016     Admin BPTP  

  Jawa Barat merupakan salah satu sentra tanaman tembakau. Luas areal tembakau di Jawa Barat seluas 9.973 Ha dengan total produksi 8.872 ton/ha/tahun. Tembakau menjadi komoditas andalan perkebunan daerah dan secara ekonomi dapat diandalkan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di daerah. Tembakau juga menjadi komoditas ekspor. Tembakau banyak digunakan sebagai bahan baku rokok, kosmetik dan obat-obatan. Komoditas yang telah menjadi priomadona sejak zaman kolonial ini sebagai penyumbang pemasukan terbesar ketiga Negara lewat pintu cukai. Namun perkembangan komoditas ini dinilai masih kurang optimal mengingat jumlah produksi tembakau belum dapat mencukupi keseluruhan permintaan industri. Salah satu usaha peningkatan produksi tembakau diantaranya dengan pengendalian OPT tembakau. Pengendalian OPT tembakau menggunakan pestisida nabati merupakan salah satu langkah pengendalian yang ramah lingkungan.

  Balai Proteksi Tanaman Perkebunan telah melaksanakan kegiatan pengendalian OPT tembakau menggunakan pestisida nabati jenis nimba. Acara yang diikuti oleh anggota kelompok tani Muji Lestari sebanyak 25 orang peserta. Peserta yang juga berprofesi sebagai petani tembakau merasa terbantu dengan adanya kegiatan pengendalian OPT tembakau di Desa mereka. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 3 & 4 Agustus 2016 di Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Bapak Dede Wahyu, SP., MP. memberikan arahan terkait pengendalian menggunakan pestisida nabati jenis nimba. Pestisida nabati jenis nimba mengandung beberapa senyawa aktif yang diketahui berfungsi sebagai pestisida yaitu azadirachtin, salanin, nimbin dan meliantriol. Beberapa petani melaporkan bahwa serangan OPT tembakau yang dominan di Desa Langensari, Kecamatan Langensari Kota Banjar diantaranya hama ulat grayak, penyakit patik dan layu bakteri. Selain diberikan arahan tentang pembuatan pestisida nabati jenis nimba, petani juga terlebih dahulu melakukan skoring dan pengamatan OPT tembakau di lahan.

 

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id