BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Uji Verifikasi Varietas Melalui Fingerprinting DNA Pada Tanaman Tebu

  Dec 31, 2015     Admin BPP  

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi molekuler saat ini bagi bidang perbenihan khususnya tanaman perkebunan, serta banyaknya varietas pada tanaman perkebunan yang memiliki fenotipe sama, menjadikan teknik identifikasi molekuler pada tanaman perlu digunakan untuk membedakan varietas tanaman dengan mengingat jumlah varietas tebu yang sangat banyak. Pemanfaatan teknologi DNA molekuler memiliki kelebihan mempercepat identifikasi dan verifikasi varietas tanaman perkebunan yang secara fenotipik hampir tidak dapat dibedakan. Hal ini sangat membantu bidang Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan dalam melakukan pengujian varietas tanaman perkebunan di laboratorium, sehingga hasil yang diperoleh lebih dapat dipercaya (akuntabel) dan dapat diperoleh dalam waktu yang lebih singkat.

Dengan dilakukannya Uji Verifikasi Varietas Melalui Analisis Fingerprinting DNA Pada Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.), maka akan dihasilkan data base hasil verifikasi varietas tanaman tebu sehingga nantinya dapat digunakan sebagai acuan atau standart dalam melakukan pengujian mutu benih secara genetik pada  tanaman tebu, serta keuntungan yang diperoleh pada klon yang baru bisa dijadikan sebagai dasar informasi genetik pada klon tersebut sebelum dilakukan pelepasan menjadi varietas baru. Kegiatan Uji Verifikasi Varietas / Sidik Jari DNA melalui Analisis Fingerprinting DNA pada Tebu (Saccharum officinarum L.) dilaksanakan mulai pada bulan Januari sampai November 2014.

Berdasarkan hasil analisis filogenetik menggunakan software Multi Variate Statictical Package (MVSP) diperoleh hasil yaitu varietas VMC 76-16 memiliki hubungan kekerabatan dengan varietas Bululawang dengan tingkat similaritas sebesar 95,7%. Hal ini bisa dikatakan memiliki hubungan kekerabatan, karena dalam pengamatan secara morfologis juga hampir memiliki kemiripan antara varietas VMC 76-16 dengan Bululawang, yaitu kedua varietas tersebut memiliki warna batang yang sama. Sedangkan untuk  tebu dengan varietas PS 881 masuk dalam kategori outgroup, karena memiliki hubungan kekerabatan yang paling jauh diantara varietas yang lainnya.

 

Kata kunci : verifikasi varietas, fingerprinting, DNA, tebu, Multi Variate Statictical Package (MVSP)

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id