BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Pengajian Rutin Bulanan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat

  Aug 05, 2016     Admin BPTP  

  Bandung – Jum’at, 5 Agustus 2016 bertempat di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat diselenggarakan acara pengajian rutin bulanan dengan penceramah Bapak K.H Asep Zaenal Ausop, M.Ag. ceramah tersebut berisi tentang cermin Lima langkah sistematis menuju kesempurnaan hidup. Terdapat istilah maqam dan maqomat, maqam artinya tempat berdiri, atau biasanya disebut dengan terminal dan maqomat merupakan bentuk jamak dari maqam. Adapun 5 maqam yang akan kita tapaki diantaranya 1. Makrifat 2. Mahaba 3. Taqorub 4. Ibada 5. Ridho.

  Pertama, makrifat berasal dari kata arafa artinya mengenal, makrifatullah artinya mengenal Allah. Apabila tak mengenal Allah maka akan kacau kehidupan kita ini. Allah, Rabbul alamin, yang Maha Pencipta, pemelihara dan pengurus alam. Disebutkan dalam Al-Qur’an Allah SWT memiliki 99 Asmaul Husna. Mengenal Allah dengan asmaul husna, bahwa Allah yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang juga disebutkan dalam surat pembuka yaitu surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah sebagai surat pembuka mengenal Allah. Dalam surat Al-Fatihah disebutkan “Maka hanya kepada Mu kami menyembah, dan hanya kepada Mu kami memohon pertolongan”.

  Kedua, mawam mahabba yaitu Rasa Cinta kepada Allah. Cinta kepada Allah karena Allah telah memberikan banyak nikmat kepada kita. Allah memberikan 2 Miliyar sel darah, organ tubuh yang lengkap, kesehatan dan nikmat lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Cinta kepada Allah merupakan puncak cinta tertinggi seorang hamba, karena secinta-cinta kita terhadap kehidupan dunia dan keluarga, maka semua tak kekal, namun hanya Cinta kepada Allah SWT yang kekal.

  Ketiga, mawam taqarub artinya mendekat. Tak kenal maka tak cinta, tak cinta maka tak akan mendekat itulah pepatah. Ketika telah cinta, maka rasanya ingin selalu dekat, ingin selalu bertemu. Ketika memanggil dalam doa, sholat dan kegiatan yang kita lakukan panggilah dengan panggilan yang lirih dan libatkanlah Allah dalam setiap langkah kita.

             “Ketika hambaku bertanya tentangKu dan jawablah sesungguhnya Aku dekat”.

  Keempat,ibada yaitu pengorbanan. Unsur ibada diantaranya terdapat simbol, makna dan esensi. Sering kita lupa terhadap simbol,makna dan esensi padahal seperti halnya kita sholat takbir merupakan sebuah symbol yang dimaknai dengan Allahuakbar. Ketidaktahuan antara symbol dan makna, maka hilanglah esensinya.

  Kelima, maqam ridho. Keridhoan dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya menjadikannya sebuah amalan. Maka amalan tanpa keridhoan hanya akan berakhir sia-sia. Sesungguhnya inilah yang diinginkan oleh syaitan.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id