BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Perkebunan Pamegatan Dijajaki Agroforestri

  Aug 24, 2016     Admin BPTP  

Upaya pemulihan Perkebunan Pamegatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, milik Pemprov Jawa Barat tengah dijajaki kerja sama antara PT Bakti Usaha Menanam Nusantara Hijau Lestari I (BUMN HL I) dan PT Agro Jabar selaku Badan Usaha Milik Daerah Jabar. Langkah tersebut sebagai upaya memulihkan fungsi Perkebunan Pamegatan, dengan cara menciptakan lapangan usaha bagi masyarakat sekaligus pemulihan lahan kristis melalui pola agroforestri.

Direktur Utama BUMN HL I, Ali Rahman, di Bandung, Selasan (23/8/2016) mengatakan, terkait rencana tersebut, pihaknya intensif melakukan pembicaraan dengan PT Agro Jabar selaku pengelola Perkebunan Pamegatan yang sekarang. Pola usaha yang dilakukan adalah pengusahaan tanaman tahunan yang menguntungkan dengan dimitrakan dengan masyarakat, dengan orientasi usaha yang saling menguntungkan.

Menurut Ali Rahman, ada 100 hektare lahan Perkebunan Pamegatan yang secara teknis bisa dijadikan demplot secara agroforestri. Tanaman yang potensial diusahakan, misalnya kopi, kayu-kayuan, tarum, dll, bisa dikembangakan secara pola industri serba menguntungkan, baik secara ekonomi maupun pemulihan lingkungan kawasan hulu di Garut.

Disebutkan, kondisi Perkebunan Pamegatan yang luasannya sekitar 2.000 hektare, sebenarnya mendesak dipulihkan kondisi dan fungsinya, karena sangat berpengaruh terhadap kelangsungan lingkungan di Jawa Barat. Walau lahan perkebunan tersebut selam ini banyak dikelola masyarakat, tetapi potensial diarahkan kepada pola agroforestry dengan inti pemilik tanaman adalah masyarakat dengan hasilnya ditampung dan dijual oleh pengelolan Perkebunan Pamegatan.

“Yang penting, kawasan Perkebunan Pamegatan dapat kembali pulih dan dapat diamankan aset Negara, dengan cara memberdayakan masyarakat yang selama ini mengusahakan tanaman di kawasan tersebut. Mudah-mudahan, ini dapat menjadi solusi yang dapat saling menguntungkan semua pihak,” ujar Ali.

Pempov Jawa Barat selaku pemilik Perkebunan Pamegatan yang kini melalui PT Agro Jabar diharapkan dapat memfungsikan sebagai dimana mestinya. Masyarakat pun memperoleh lapangan usaha dan penghasilan dapat menggunakan sisitem hak pakai.

Rencana di Perkebunan Pamegatan itu, katanya, sekaligus salah satu upaya penyelamatan hulu di Garut yang berpengaruh terhadap sumber air Bendungan, Jatigede, Sumedang. Jika kondisi lahannya dibiarkan banyak yang kritis, dikhawatirkan mengancam masa depan pengairan bagi Bendung Jati Gede yang berpengaruh pengairan kawasan sawah teknis di Indramayu, Majalengka, dan Cirebon sebagai sentra produksi padi.

 

Sumber Harian Umum Pikiran Rakyat, Rabu 24 Agustus 2016. Kolom Bisnis Halaman 15.

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id