BPTP JAWA BARAT
BALAI PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN
PROVINSI JAWA BARAT
Informasi / Berita/Artikel

Kopi Java Preanger Gunung Tilu

  Sep 08, 2016     Admin BPTP  

Oleh : Yuda Muhammad Zaelani, SP.

 

Kawasan Gunung Tilu yang memanjang mulai dari Kecamatan Pasirjambu sampai dengan Pangalengan yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Kualitas kopi dari kawasan Gunung Tilu itu masuk dalam katagori sempurna dan memiliki potensi tanaman kopi bermutu tinggi. Pak Aleh merupakan petani kopi sekaligus ketua kelompok tani Margamulya di Pangalengan Kawasan Gunung Tilu dengan luas lahan yang di kelola 247 Ha. Mayoritas jenis kopi yang di tanamn yaitu Arabika varietas sigararutang dengan branding Java Preanger Gunung Tilu.

Pek Aleh memulai usaha di bidang perkebunan kopi pada tahun 2001, melihat peluang dan semangat petani di sekitar pangalengan tahun 2006 terbentuklah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) seiring dengan berjalannya waktu tahun 2008 terbentuklah Koperasi dan Kelompok Tani Margamulya dan pada tahun yang sama Kelompok Tani Margamulya diberikan bantuan sarana, prasarana dan pelatihan tentang budidaya tanaman kopi oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dilanjutkan dengan pembinaan secara berkelanjutan oleh Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Bandung, dan tahun 2014 legalitas formal untuk pemasaran lokal maupun internasional sudah dimiliki koperasi kelompok tani margamulya.

Pemasaran produk Java Preanger Gunung Tilu ini sangat diminati oleh pasar lokal maupun Internasional sampai saat ini kapasitas produksi per musim panen menghasilkan ±70 ton green bean, untuk pemasaran lokal banyak diminati oleh kota – kota besar seperti Bandung, Jakarta, Semarang dan kota besar lainnya dan untuk pasar internasional dibantu melalui jasa eksportir.

Pengolahan kopi di Kelompok Tani Margamulya sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), sampai saat ini respon masyarakat tentang cita rasa Kopi Gunung Tilu ini sangat baik karena karakteristik yang dhasilkan dari kopi ini Fruty, Spicy, Floral, Nice Sweetness, hal ini sangat di pengaruhi oleh ketinggian tempat.

Ketinggian tempat sangat menentukan cita rasa terhadap karakteristik kopi, semakin tinggi suatu daerah maka makin enak kopi yang dihasilkan, karena masa pematangan buah lebih lama berbeda dengan penanaman kopi di dataran rendah lebih cepat untuk pematangan buah.

Sampai saat ini prestasi yang diraih oleh Kelompok Tani Margamulya dengan produk Java Preanger Gunung Tilu ini menjadi juara pertama dalam hal pengolahan kopi se Jawa Barat.

 

Sumber : Wawancara dengan Pak Aleh

TENTANG KAMI

BPTP Pasirjati Bandung Jawa Barat menjadi Unit Kerja yang memberikan pelayanan PRIMA kepada Masyarakat Perkebunan di bidang Operasional Perlindungan Tanaman Perkebunan

FOLLOW US
BRIGADE PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Jalan Pasirjati Km 10 Ujungberung, Bandung, Jawa Barat

Telp / Fax 022-7804075
Email : bptp_disbun@yahoo.co.id