•    
  •    
  •    
  •    

PEMBINAAN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN, KETERAMPILAN DAN PENGETAHUAN PETANI DALAM MENERAPKAN TEKNIS BUDIDAYA TANAMAN INDIGOFERA

22 September 2017 Dibaca: 112x

Peternakan sapi, domba atau kambing semakin hari semakin tumbuh pesat untuk memenuhi kebutuhan pangan baik produk langsung berupa daging maupun susu ataupun produk olahannya. Tingginya permintaan akan daging sapi, kambing, domba dan juga susu maka akan meningkatkan jumlah populasi ternak. Ternak yang ikut meningkat maka akan meningkatkan jumlah pakan yang dibutuhkan oleh ternak. Dengan adanya kebutuhan pakan yang penting bagi peternakan ruminansia maka dibutuhkan hijauan yang mampu berproduksi secara cepat dan berkualitas baik.

Menurut Prof. Luki Abdullah pakar pakan ternak IPB, dengan kandungan protein yang tinggi berkisar 27–31%, kandungan serat yang relatif rendah 13-14% dan tingkat kecernaan yang cukup tinggi 75-78% tanaman Indigofera zollingeriana  sangat baik sebagai sumber konsentrat hijauan baik sebagai pakan tunggal maupun sebagai pakan campuran/ suplemen. Dari segi budidaya, tanaman ini mudah dibudidayakan bahkan toleran terhadap kekeringan. Oleh sebab itu, Indigofera zollingeriana dapat dikembangkan di wilayah dengan iklim kering untuk mengatasi terbatasnya ketersediaan hijauan terutama selama musim kemarau. Disamping itu, tanaman yang termasuk kedalam genus Leguminosa ini juga dapat berfungsi untuk konservasi kawasan karena bisa sebagai penahan erosi serta memperbaiki kesuburan tanah.

Melihat tingginya kebutuhan terhadap pakan ternak dan potensi yang dimiliki tanaman Indigofera maka perlu adanya peran serta dari pemerintah dalam mengembangakan budidaya tanaman Indigofera. Merujuk pada Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 511/Kpts/PD.310/9/2006 Tentang Jenis Komoditi Tanaman Binaan Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Direktorat Jenderal Hortikultura berkenaan hal tersebut Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat ikut memberikan perhatiannya terhadap pengembangan tanaman Indigofera.

 Pada Tahun Anggaran 2017, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat memberikan pembinaan untuk meningkatkan wawasan, keterampilan dan pengetahuan petani, dalam menerapkan teknis budidaya tanaman Indigofera melalui Kegiatan Demplot Budidaya Tanaman Indigofera. Sebagai tahap awal kegiatan, beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pertemuan teknis budidaya tanaman Indigofera di tingkat lapangan yang tersebar di sepuluh lokasi di wilayah Provinsi Jawa Barat bersama tim ahli Indigofera dari IPB.


Sumber : Disbun Jabar
Penulis : H. Dude Satari, SE