•    
  •    
  •    
  •    

Tanaman Kopi Arabika Kini Bisa Dwiwarna

07 September 2018 Dibaca: 97x

BANDUNG, (PR) -- Cara Penyambungan yang dilakukan terhadap tanaman kopi arabika Priangan, berhasil memunculkan panen buah kopi dalam dua warna, yaitu warna merah dan kuning dalam satu pohon sekaligus. Dua tanaman kopi arabika dwiwarna tersebut dihasilkan oleh petani kopi di Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut baru-baru ini. Salah Seorang Petani, Maolana Cahya Gumilar, dari Kelompok Tani Mulya Bakti, Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Selasa(4/9/2018) mengataan, ide awal penyambungan tanaman kopi tersebut hanya iseng. Awalnya, karena kondisi adanya tanaman-tanaman kopi miliknya yang parah akibat serangan hamapenggerek batang.

Disebutkan, dari batang bawah sisa patah itu berasal dari varietas Timtim jenis warna merah umur dua tahun, yang tampak sudah kuat perakarannya. Kemudian iseng-iseng disambung bagian atasnya dengan batang tanaman kopi jenis warna kuning varietas Cikandang-1 Garut yang umurnya dua bulan.

“Penyambungan tersebut ternyata berhasil,” katanya, sambil menunjukan buah kopi arabika dwiwarna saat masa panen.

Bagian atas lebat produksi buah kopi berwarna kuning, sedangkan pada batang bawah lebat pula buah kopi berwarna merah.

Soal produksinya, Maolana mengatakan baru memperkirakan 0,5 kilogram per pohon, itu pun baru ada dua pohon. Sifatnya pun masih hanya untuk hobi membuat tampilan baru tanaman kopi arabika. Kemungkinan, katanya, ia akan melakukan hal serupa untuk sejumlah tanaman-tanaman kopi arabika lain miliknya yang juga patah akibat serangan hama penggerek batang. Paling tidak, mencoba tanaman-tanaman tersebut dapat segera kembali berproduksi dengan menghasilkan kombinasi warna.

Dengan sudah dihasilkannya tanaman kopi arabika dwiwarna merah kuning dalam satu pohon tersebut, sekaligus juga menghapus kekhawatiran sejumlah perkebunan kopi lainnya. Pasalnya, sebelumnya ada kekhawatiran sejumlah pekebun kopi, jika dalam suatu hamparan areal tanaman terdapat masing-masing dua tanaman kopi berbeda warna, beresiko terjadi perkawinan silang sehingga memunculkan buah yang tak biasanya. Menurut salah seorang pemilik usaha roasted bean kopi asal Arcamanik Bandung, Yuda Muhammad Zaelani (pemilik Coffee Rush), pada kalangan pebisnis kafe atau kedai kopi, diketahui kopi arabika warna kuning sangat diminati. Pasalnya, para konsumen kopi banyak yang penasaran mencicipi dan menikmati kopi arabika berwarna kuning, terutama produksi asal Jawa Barat yang memiliki indikasi geografis kopi arabika jenis ini.

 


Sumber : Harian Umun Pikiran Rakyat
Penulis : Kodar Solihat