•    
  •    
  •    
  •    
09 Juni 2017 13:59:31 0
Pertemuan Teknis Kegiatan Pembenihan Kopi Arabika Java Preanger di Jawa Barat Tahun 2017. Aula Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Perkebunan (BPBTP).

Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTP) Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat mengadakan  Kegiatan  “Pertemuan Teknis Kegiatan Pembenihan Kopi Arabika Java Preanger  di Jawa Barat Tahun 2017”  yang dilaksanakan pada hari Selasa 21 Februari 2017  di Aula Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Perkebunan (BPBTP).

Tanaman kopi sebagai salah satu komoditas unggulan Jawa Barat dan Kegiatan Pengembangan kopi dewasa ini semakin luas, maka dari itu memerlukan ketersediaan benih yang cukup dan memadai secara enam tepat (Mutu, Varietas, Jenis, Waktu, Lokasi dan Harga) sesuai dengan Standar Mutu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Maka dari itu Dinas Perkebunan melakukan upaya dengan dibentuknya Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTP). Tugas pokok dan fungsi Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTP) diantaranya : melakukan pembinaan penangkar benih, inventarisasi potensi plasma nutfah dan pelaksanaan peningkatan produktivitas benih unggul bermutu bersertifikat.

Acara dimulai dengan kata sambutan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Bpk. H. Arief Santosa, SE., MSc. , Dilanjutkan dengan sambutan Selamat Datang oleh Kepala Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTP)  Bpk. Dr. H. Dudung A. Suganda, M.Si.  untuk membuka secara resmi acara “Pertemuan Teknis Kegiatan Pembenihan Kopi Arabika Java Preanger  di Jawa Barat Tahun 2017” dan selanjutnya acara dipimpin oleh Kepala Seksi Pengembangan Benih Bpk. Dani Dayawiguna, S.P., M.P. dan juga Informasi disampaikan oleh Bpk. Tatan Sutaamijaya, S.sos.

Adapun materi dalam acara ini yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Benih Bpk. Dani Dayawiguna, S.P., M.P. antara lain :

Pembenihan dan Standar Mutu Benih dengan isi materi -Mutu Benih Kopi; -Standar Mutu Benih; -Teknis Pembenihan Kopi; -Pengecambahan; -Penanaman dalam Polybag; -Pemeliharaan Benih; -Dosis Pemupukan pada Pembenihan.

Peserta dengan jumlah 50 orang Penangkar benih tanaman perkebunan antara lain dari : Bandung, Kab.Bandung, Bandung barat, Garut, Sumedang, Cianjur.

Tujuan Pertemuan ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penangkar dalam hal teknologi pengelolaan dan pemasaran benih Kopi, sebagai bahan Pembenihan di lapangan.
Semoga dengan diadakannya Pertemuan Teknis Kegiatan Pembenihan Kopi Arabika Java Preanger ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan penangkar, meningkatkan jumlah benih kopi dan juga meningkatkan perekonomian masayarakat. Sehingga kebutuhan benih unggul bersertifikat dapat terpenuhi serta dapat mendukung Program Pemerintah untuk mewujudkan ” Jawa Barat sebagai Provinsi Benih”.



Sumber : BPBTP
Dibaca : 351 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya