•    
  •    
  •    
  •    
09 November 2017 17:18:59 0
DISBUN JABAR MENDAPATKAN PENGHARGAAN 5 TERBAIK SEBAGAI PARTISIPAN DATA STATISTIK PERKEBUNAN, MEDAN, 8 NOVEMBER 2017.

MEDAN - Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) Kementerian Pertanian menyelenggarakan Pertemuan Penyusunan Data Statistik Angka Sementara 2017 dan Angka Estimasi 2018 di Le Polonia Hotel and Convention, Jl. Jenderal Sudirman No. 14 Medan.

Pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan SKPD tingkat provinsi  lingkup Kementerian Pertanian tersebut digelar selama 3 hari  (tanggal 8-10 November 2017).  Pengelola data statistik  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Novie Yulia Sapitri, SP.MM., dan Lany Apriliani SP.)  hadir  sebagai peserta pertemuan.

Seperti halnya instansi lain, data dan informasi  bagi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat merupakan bahan utama yang diperlukan untuk menyusun perencanaan pengembangan perkebunan ke depan. Data yang valid, obyektif dan mutakhir akan meminimalkan kesalahan dalam menetapkan kebijakan dan sasaran dalam rangka mencapai target sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perkebunan Tahun 2013-2018.

Selain itu ketersediaan data dan informasi mutlak diperlukan Disbun baik dalam perumusan kebijakan maupun untuk mengukur keberhasilan capaian kinerja yang telah dilakukan serta memberikan bahan evaluasi pembangunan perkebunan secara menyeluruh.

Selama ini Dinas Perkebunan, memang sangat konsen untuk urusan data, berbagai hal diupayakan untuk menjaring data yang aktual, akurat dan uptudate. Ini dilakukan dalam rangka “Menuju satu angka statistik perkebunan” artinya  angka statistik perkebunan yang dipublikasikan, dimanapun  dibaca akan sama.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah memotivasi pimpinan kabupaten/kota untuk memberikan komitmen atas perstatistikan perkebunan, mengupayakan penguatan kelembagaan pengelolaan data dan informasi perkebunan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan petugas pengumpul dan pengelola data, meningkatkan kemampuan sarana prasarana pengelola data dan informasi, menyediakan dana operasional pengelola data dan insentif bagi petugas pengumpul dan pengelola data, melakukan verifikasi dan validasi data perkebunan secara berkala.

Sebaliknya, respon cukup baik pun diberikan pihak kabupaten/kota dengan menyajikan data dan informasi yang akurat  hasil sinkronisasi dan validasi data statistik perkebunan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi, baik meliputi angka tetap (ATAP), angka sementara (ASEM) maupun angka estimasi (AESTI).

Atas komitmen dan kepedulian yang dijalin oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dengan stakeholder, maka data dan informasi yang disajikan mendapat  apresiasi dari pihak penyelenggara. Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat bersama 4 SKPD lingkup Kementerian Pertanian tingkat provinsi (Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Perkebunan Jawa Timur, Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah, Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulawesi Tengah), memperoleh penghargaan 5 besar atas partisipasi dan komitmen untuk mengelola data statistik perkebunan dalam rangka “Menuju Satu Angka Statistik Secara Nasional” bersama dengan

Selamat untuk 5 SKPD…, khususnya Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tetap jaga komitmen, baik terhadap data dan informasi maupun pelaporan dengan kabupaten/kota. Tetap kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas untuk mewujudkan “Satu Angka Statistik Nasional”.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 415 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya