•    
  •    
  •    
  •    
17 November 2017 09:56:24 0
Kunjungan Kerja Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan Dalam Rangka Studi Banding Website, Aula Lantai III Kantor Disbun Jabar. 17 November 2017.

BANDUNG – Kepala Bidang Sumber Daya Perkebunan (SDP) Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Ir. Agus Sutirman, MP)  didampingi Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program  (Krisna Gunara, S.Hut, M.Eng.) selaku ketua admin/pengelola website dan Ir. Siti Purnama, MP. (selaku salah satu admin penulis berita dan artikel website Disbun Jabar), beserta admin lainnya menerima Kunjungan Kerja  (Kunker) Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan  di ruang rapat Lt. III Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Jl. Surapati No. 67 Bandung (17/11/2017).

Dalam sambutan pengantarnya, Krisna mengucapkan selamat datang pada rombongan Disbun Sulawesi Selatan, dan berterimakasih atas kepercayaannya terhadap Disbun Jabar sebagai tempat studi khususnya terkait pengembangan website.

Pihaknya berharap semoga apa yang disampaikan pada kunjungan kerja ini, sesuai dengan yang diharapan dan bermanfaat untuk pengembangan website di Disbun Sulsel. Tak lupa beliau memohonkan doa untuk keberhasilan website Disbun Jabar agar  kembali meraih Juara I pada lomba website tingkat Kementan RI tahun 2017 ini, seperti yang telah diraih dua tahun kebelakang.

Pengantar balasan disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Program (Naswan Natsir, SP) yang bertindak selaku ketua rombongan Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan. Pihaknya menuturkan bahwa tujuan kunjungan kerja yang dilakukan beliau antara lain untuk  mengetahui teknik pembangunan website, untuk meningkatkan wawasan Aparatur dalam pengelolaan website sekaligus menambah pengetahuan terhadap Sistem Infomasi berbasis Website.

Kunjungan Kerja yang berjumlah 40 orang tersebut, selain berasal dari Disbun Provinsi Sulawesi Selatan juga  berasal dari berbagai kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan.  Minat dan antusiasme yang sangat tinggi untuk mengetahui teknik pengelolaan website ditunjukkan oleh peserta kunker.

Informasi lengkap tentang website Disbun Jabar disampaikan oleh Agus Sutirman sebagai Pembina admin.  Dalam paparannya, beliau  menyampaikan keberadaan dan kesuksesan website Dinas Perkebunan tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras dari seluruh Team Website mulai dari admin bidang, koordinator admin sampai kepada Pembina admin.

Pihaknya juga menjelaskan secara detail dasar hukum penyelenggaraan website, visi misi, kelembagaan website (struktur organisasi), layanan unggulan diantaranya Simponi, E-Statistik, GIS, Simubtanbun, Info Publik, Standar Operasional Prosedur (SOP), Mekanisme Pengelolaan Website, Pengembangan SDM, Prestasi Website, Konten Website, Informasi Harga dan layanan informasi lainnya.

Agus juga menginformasikan bahwa semua balai lingkup Disbun Jabar juga memiliki website tersendiri yang terintegrasi dengan website Disbun.

Terkait ruangan khusus untuk pengelolaan web, pihaknya menuturkan sudah ada walau kecil dan masih belum sempurna, namun yang terpenting komitmen antara eselon 3 dengan eselon 4 dan para staf untuk selalu mengupdate kegiatan yang sedang dilaksanakan agar dipublikasikan.  Ruang website tersebut selain berfungsi untuk ruang kerja para admin juga berfungi sebagai ruang audio visual dalam melakukan telekonfrens dengan para pejabat dan juga para petani dari jarak jauh.

Lebih lanjut beliau mengatakan, penampilan web juga menjadi perhatian khusus, harus berupaya menampilkan yang terbaik kepada publik, jangan hanya berlandaskan adanya lomba atau penilaian dari kementerian. Agus juga mengajak  agar  mengapresiasi web  instansi lain jika memang bagus sebagai perbandingan dalam pengelolaan web dan update informasi.

Kasubag Program Disbun Sulsel (Naswan Natsir, SP) dalam sambutan terimakasihnya, menutup dengan ucapan sangat tepat memilih Disbun Jabar sebagai tempat kunker, banyak hal yang diperoleh dari informasi yang dipaparkan. “memang harus begitu menurut ulama, jika mempunyai sedikit ilmu harus disampaikan kepada yang lain agar bermanfaat”, katanya sambil mengakhiri ucapan terimakasihnya.

Usai acara formil, dilanjutkan dengan saling bertukar cindera mata sebagai kenang kenangan dan tanda bukti kunjungan. Setelah itu rombongan secara bergantian melihat ruang website Disbun Jabar yang terletak di Lantai II Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat.  Kemudian rombongan melanjutkan kunjungan ke lokasi lain.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 622 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya