•    
  •    
  •    
  •    
13 Desember 2017 06:30:10 0
Tampilan Aplikasi SI KONTAK

Era tahun 80-an sepertinya merupakan masa kejayaan bagi para petani pada umumnya, baik petani yang bergerak di sub sektor pertanian pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan maupun perikanan. Setidaknya kejayaan itu dilihat dari aspek kemudahan petani dalam mendapatkan asupan informasi teknologi pertanian, dimana saat itu tersedia berbagai sarana/pembinaan transfer teknologi pertanian secara mudah dan intensif, seperti: penyuluhan, sekolah lapang, klompencapir, temu wicara, siaran pedesaan, saung meeting, lomba asah trampil, kunjungan usaha tani, dlsb). Dengan adanya berbagai sarana pembinaan serupa itu kehidupan masyarakat petani seakan-akan bergairah menjalani usaha taninya, mereka merasa tidak berjalan sendirian karena didukung oleh berbagai komponen masyarakat, terutama para penyuluh pertanian lapangan yang selalu setia setiap saat mendampingi dan mengunjungi usaha tani mereka.

 

Kini jaman telah berganti, semua sarana kemudahan transfer teknologi pertanian itu sekarang menjadi sangat berkurang dan kurang terdengar lagi gaungnya pertemuan/pembinaan rutin petani (seperti: Klompencapir, Saung Meeting, Siaran Pedesaan, dlsb). Terlebih lagi dengan tenaga penyuluh pertanian yang jumlahnya terus berkurang, sehingga para petani sudah jarang terkunjungi, mereka seolah-olah mulai kehilangan tempat bertanya, tempat berkeluh kesah tentang berbagai permasalahan usaha taninya. Akibatnya para petani banyak yang mencari jalan pemecahan masalah sendiri-sendiri, curhat petani mulai muncul dimana-mana (di pertemuan umum, dimedia sosial, di media masa) atau disetiap ada kesempatan kunjungan pejabat. Sangat disayangkan curhat-curhat petani itu tidak tersalurkan pada tempat/sarana yang tepat, hanya sekedar gugur kewajiban dan kurang mendapat tanggapan semestinya, atau tidak mendapatkan solusi praktis menurut bahasa petani.

 

Melihat kenyataan serupa itu maka SI KONTAK (Sistem Informasi Konsultasi Petani Kebun) tampil sebagai salah satu alternative solusi kemandegan komunikasi/konsultasi pertanian. Ini berupa inovasi baru konsultasi on line, yang tahap awal dirancang secara khusus untuk materi-materi konsultasi sub sektor perkebunan saja. Mengapa hanya untuk perkebunan saja? Sebenarnya kedepan materi konsultasinya bisa dikembangkan untuk seluruh sub sector pertanian. Saat ini sub sector perkebunan perlu mendapat prioritas dahulu, mengingat kenyataan di lapangan bahwa dibandingkan dengan sub sector pertanian pangan, hortikultura, peternakan maupun perikanan, ternyata masyarakat petani perkebunan  saat ini yang paling kurang terkunjungi oleh tenaga penyuluh atau pendamping lapangan yang tersedia. Disamping itu mengingat jenis komoditas perkebunan yang berorientasi bahan baku industry, yang memang memerlukan pelayanan pembinaan secara khusus.   

 

Konsultasi on line SI KONTAK ini dilakukan melalui alat komunikasi (Hp android, Tab atau Portable Computer). Adapun aplikasi SI KONTAK nya sendiri bisa diunduh di Google Play Store dengan judul SI KONTAK, atau bisa juga diakses melalui alamat www.disbun.jabarprov.go.id/sikontak

 

Dalam aplikasi SI KONTAK tersedia 3 (tiga) menu layanan konsultasi:

  1. Konsultasi langsung, melalui fitur ini petani kebun bisa menyampaikan berbagai pertanyaan/curhat seputar agribisnis perkebunan hulu-hilir, baik berupa benih, teknik budidaya, penataan lahan, pengendalian hama/penyakit, kelembagaan usaha tani, permodalan, pengolahan maupun pemasaran. Pertanyaan tersebut bisa dilengkapi dengan foto kasus, atau data, juga diteksi lokasi masalah. Semua curhat/pertanyaan akan dicarikan jawaban yang tepat dan praktis dengan dukungan jawaban dari para nara sumbernya. Konsultasi langsung sifatnya pribadi untuk masing-masing member dengan admin. Jadi isinya tidak terbaca oleh umum.
  2. Konsultasi Template, melalui fitur ini para petani tidak perlu mengajukan pertanyaan, tetapi cukup melihat contoh pertanyaan dan jawaban saja berdasarkan kategori masalah yang biasanya sering ditemui di lapangan. Fitur ini sengaja dibuat untuk memudahkan petani mengenali masalah serupa yang dihadapinya di lapangan, sekaligus melihat contoh solusinya. Adapun berbagai pertanyaan petani yang disampaikan melalui konsultasi langsung, yang sifatnya penting diketahui secara umum, maka akan dibuat menjadi materi Konsultasi Template.
  3. Kamus Perkebunan, fitur ini dibuat untuk memudahkan petani mencari pengertian tentang istilah-istilah umum perkebunan. Penggunaannya percis seperti kamus on line, tinggal klik kata kunci dan akan muncul informasinya.

 

Pola konsultasi pertanian On Line semacam ini kedepan kiranya merupakan suatu keniscayaan untuk terus dikembangkan, mengingat era digitalisasi sekarang sudah merambah keberbagai lapisan masyarakat. Teknologi informasi semacam ini sudah bukan barang mewah lagi yang menjadi kendala bagi para petani di pelosok pedesaan, mereka umumnya sudah familiar dengan sarana komunikasi tersebut berikut berbagai fitur medsosnya. Terlebih lagi dengan semakin berkurangnya tenaga penyuluh, maka peran alat komunikasi semacam ini akan menjadi sangat penting dikemudian hari.

 

SI KONTAK mendorong Petani Jaman NOW… menjadi Petani Digital & Petani Milenial.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 1708 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya

Index Berita