•    
  •    
  •    
  •    
01 Februari 2018 15:30:03 0

Pada bulan Januari 2018 Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) menerima peserta magang dari Universitas Padjadajaran. Terdapat lima orang mahasiswa/mahasiswi peserta magang yang mengikuti kegiatan di BPTP. Para peserta magang mengikuti berbagai kegiatan di BPTP, seperti membantu perbanyakan APH padat maupun APH cair, inokulasi agen hayati dll.

Pada tanggal 24 Januari 2018 para peserta magang melaksanakan praktikum perbanyakan APH cair dan aplikasi APH cair pada tanaman kopi dan kakao di dampingi oleh beberapa THL BPTP. Pelaksanaan praktikum diawalai dengan pemaparan secara umum mengenai APH cair oleh Kepala Seksi Sarana dan Teknologi PHT, Bapak Mochamad Sopian Ansori, SP., MP. Beliau menjelaskan mengenai keunggulan APH cair, cara pembuatan APH cair, dan manfaat APH cair bagi petani perkebunan di Jawa Barat.

Kegiatan selanjutnya para peserta magang yang didampingi oleh THL BPTP membuat APH cair jenis Trichoderma spp. Para peserta magang menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan stater jamur Trichoderma spp. Setelah itu, para peserta magang mencampur bahan media untuk pembuatan APH cair, memasak bahan tersebut, memasukkan APH jenis Trichoderma spp., dan menyimpan APH cair yang sudah di buat ke mesin shaker untuk di proses selama 7 hari.

Pada kegiatan selanjutnya, para peserta magang diajak untuk mengaplikasikan APH cair pada tanaman perkebunan di sekitar halaman BPTP, seperti tanaman kopi dan kakao. Pengaplikasian APH cair yang dilaksanakan adalah aplikasi APH cair dengan cara penyemprotan pada tanaman kopi dan infus akar pada tanaman kakao. Para peserta magang diberikan penjelasan dan mempraktikan langsung cara aplikasi APH cair dengan cara penyemprotan dan infus pada akar.

Pada kegiatan ini diharapkan ilmu para peserta magang mengenai perlindungan tanaman menjadi bertambah, khususnya pengendalian tanaman perkebunan dengan pengaplikasian APH cair.

 

Editor : MS. Ansori

Dokumentasi : BPTP



Sumber : BPTP Disbun Jabar
Dibaca : 273 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya

Index Berita