•    
  •    
  •    
  •    
01 Februari 2018 15:40:21 0

Jelang pencanangan Citarum Harum oleh Presiden Joko Widodo pada awal Februari 2018, pada tanggal 31 Januari 2018 Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat  beserta Dinas terkait melakukan kegiatan penghijauan di sekitar hulu Daerah Aliran Sungai Ci Tarum yang berlokasi di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, pada koordinat -7°12’1” – 107°39’26” pada ketinggian diatas 1.600 m dpl. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Bapak Arief Santosa, SE., M.Sc. beserta jajarannya. Dinas Perkebunan sendiri melakukan penghijauan  dengan  penanaman tanaman kopi.  Penanaman ini  dimaksudkan untuk memperbaiki dan mengembalikan kembali puluhan ribu hektar ekosistem sekitar hulu Daerah Aliran Sungai Ci Tarum yang rusak akibat penjarahan lahan dan penanaman komoditi sayuran seperti kol dan kentang.

Pada kegiatan tersebut juga dilakasanakan pemasangan spanduk bertuliskan ajakan-ajakan kepada masyarakat sekitar untuk menanam tanaman perkebunan, khususnya kopi. Kegiatan ini dilakukan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa tanaman kopi merupakan tanaman yang bernilai ekonomis dan bersifat konservasi. Selain itu, dilihat dari lingkungan setempat serta topografi setempat cocok untuk tanaman kopi jenis arabika. Dinas Perkebunan Jawa Barat juga mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan pestisida nabati dan agen pengendali hayati sebagai sarana dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman yang ramah lingkungan.

Selain penanaman tanaman kopi dan pemasangan spanduk, dilaksanakan pula pelabelan benih bersertifikat pada komoditi kopi. Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menggunakan benih bersertifikat yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan benih yang tidak bersertifikat.

Upaya menghijaukan kembali puluhan ribu hektar di kawasan Hulu DAS Ci Tarum memerlukan kerjasama berbagai pihak, terutama peran serta masyarakat sekitar untuk mengganti komoditi sayuran menjadi tanaman keras seperti kopi, teh, jambu batu, alpukat, jeruk, rasamala, pinus dan tanaman keras lainnya.

 

Editor : Mochamad Sopian Ansori

Dokumentasi : Tim BPTP Disbun Jabar



Sumber : BPTP Disbun Jabar
Dibaca : 1389 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya

Index Berita