•    
  •    
  •    
  •    
23 Februari 2018 14:14:39 0

Bertempat di lereng Gunung Wayang pada ketinggian 1.600 m dpl yang terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung Presiden Jokowi meninjau Situ Cisanti yang merupakan hulu sungai Ci Tarum. Di sana, Presiden melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari revitalisasi DAS Ci Tarum yang telah dimulai sejak 1 Februari 2018 lalu. Presiden menjadikan revitalisasi DAS Ci Tarum sebagai momentum yang tepat untuk memperbaiki lingkungan. Program tersebut akan dilaksanakan secara terintegrasi oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten dan kota.

Salah satu program Pencanganan Ci Tarum Harum adalah penanaman bibit pohon di sekitar sungai Ci Tarum. Mengutip dari Humas Jabar, Presiden beserta elemen masyarakat di sekitar Situ Cisanti melaksanakan penanaman 1000 bibit pohon sebagai pencanangan Citarum Harum. Penanaman dilaksanakan di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya di lereng Gunung Wayang yang memiliki ketinggian 1600 m dpl. Dikutip dari Humas Jabar, Jokowi begitu tiba di lokasi langsung menanam pohon manglid yang memiliki karakter kayu halus, padat dan kuat. Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Jabar beserta 3 ribu masyarakat desa pun turut ambil bagian dalam penanaman 18 ribu bibit pohon dari total 293 ribu bibit yang sudah tergelar, dengan target 125 juta pohon di hulu sungai Citarum. Jenis pohon yang ditanam berupa pohon ekologis dan ekonomis, seperti kopi, teh, pohon damar, manglid, puspa, rasamala, saninten dan pohon endemik setempat.

Selesai melakukan penanaman, Presiden Jokowi beserta rombongan langsung mengunjungi kondisi Situ Cisanti, dalam kesempatan tersebut Jokowi melakukan pelepasliaran 2 ekor burung elang jawa secara simbolis. Dilanjutkan dengan berdialog bersama perwakilan warga yang tinggal di DAS Ci Tarum di area Bale Sawala.

“Memang sudah lama sungai Citarum ini kurang kita urus tapi dengan mengucap Bismillah bulan Februari ini kita jadikan momentum untuk memulai kerja besar ini,” ucap Presiden. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menuturkan, pencanangan rehabilitasi ini akan menjadi payung hukum dalam pelaksanaan program dan kegiatan secara terintegrasi di sepanjang DAS Citarum. Menurutnya, penanganan sungai Ci Tarum memerlukan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah. Sebab, sungai Ci Tarum sepanjang 269 Km yang mengalir di 12 wilayah administrasi ini telah menjadi sumber penghidupan bagi 28 juta masyarakat. “Sungai Ci Tarum punya peran sangat strategis, selain untuk irigasi pertanian seluas 420 ribu hektar juga menjadi urat nadi 28 juta masyarakat. Kalau tidak sinergis apapun programnya Ci Tarum akan tetap seperti ini” tuturnya sebagaimana dikutip oleh Humas Jabar.

Pemprov Jabar sendiri sudah banyak membuat program dan kegiatan untuk menanggulangi pencemaran dan kerusakan Citarum. Seperti gerakan Citarum Bergetar dan diteruskan dengan gerakan Citarum Bestari. Kini pemerintah pusat memberikan perhatian penuh dengan melibatkan semua pihak melalui pendekatan struktural, non struktural dan kultural. “Ternyata apa yang kita lakukan mendapat perhatian dari Presiden dengan penanggulangan pencemaran kerusakan DAS Ci Tarum. Tujuannya agar penanganan Ci Tarum dapat diselesaikan oleh semua level pemerintahan maupun seluruh masyarakat dari hulu hingga hilir,” ujar Aheryawan sebagaimana dikutip dari Humas Jabar.

Dinas Perkebunan Jawa Barat sangat mendukung program kegiatan Pencanangan Citarum Harum. Pada kegiatan tersebut hadir pula Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Sekertaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktur Perlindungan Perkebunan, Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Jawa Barat, Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran dan Usaha Perkebunan Jawa Barat, dan Kepala Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan. Dalam dukungannya terhadap Program Pencanangan Citarum Harum, Direktorat Jenderal Perkebunan melalui Dinas Perkebunan Jawa Barat memberikan bantuan bibit tanaman kopi sebanyak 60.000 batang kopi dan bibit tanaman pala sebanyak 10.000 batang.

Dengan diberikannya bantuan tanaman perkebunan, Direkorat Jenderal Perkebunan berharap dapat membantu meningkatkan ekonomi petani disekitar Situ Cisanti dan dapat ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam kegiatan revitalisasi DAS Ci Tarum.

 

Editor : MS. Ansori

Dokumentasi : @dtijenbun dan @SekretariatNegara



Sumber : BPTP Disbun Jabar
Dibaca : 212 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya

Index Berita