•    
  •    
  •    
  •    
12 April 2018 16:34:59 0

Untuk meningkatkan kualitas pengolahan data Statistik Perkebunan Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat melalui Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan menggelar pertemuan Workshop Statistik Perkebunan Jawa Barat Tahun 2018 yang bertempat di Samudera Beach Hotel, Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi pada tanggal 9 – 11 April 2018.

Pertemuan workshop ini merupakan pertemuan tahunan yang rutin diadakan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat untuk para petugas pengolah dan pengumpul data statistik tingkat kabupaten dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola data perkebunan sesuai pedoman yang berlaku sehingga data yang dihasilkan memenuhi kriteria data yang berkualitas.

Sekretaris Dinas Perkebunan Jabar, Dr. Drs. Dedi Sutardi, MPd , dalam sambutannya mengatakan untuk mendorong pembangunan sub sektor perkebunan sangatlah diperlukan ketersediaan data dan informasi yang berkualitas sebagai bahan penyusunan kebijakan dan pengambilan keputusan yang akurat. Menurut data yang telah terhimpun sampai saat ini, lahan perkebunan dari tahun ketahun mengalami penurunan dalam hal luas lahan karena lahan yang beralih fungsinya baik menjadi lahan sayuran dan holtikultura atau malah menjadi lahan non pertanian. Pemerintah daerah diharapkan dapat mempertahankan fungsi lahan perkebunan untuk mencegah dampak-dampak negatif yang dapat terjadi baik pada aspek ekonomi maupun pada aspek ekologi.

Dalam Pertemuan workshop tahun ini para peserta mendapatkan materi pengarahan mengenai Teknik Forecasting Data Indikator Mikro Perkebunan dari Dr. Bayu Kharisma, SE., MM., ME. Dilanjut kemudian keesokan hari nya dengan fieldtrip ke kelompok tani Wani Jaya di Desa Cicadas Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang di ketuai oleh Bapak Main. Komoditas binaannya adalah Aren. Dalam kesempatan ini menjelaskan mengenai pengolahan hasil produksi tanaman aren berupa nira menjadi gula merah dan gula semut. Selain itu juga yang menjadi pokok pembahasan lainnya yaitu mengenai perbandingan produktivitas komoditas aren di setiap kabupaten. Setelah uji petik ini diharapkan para pengumpul dan pengolah data bisa menganalisa data dengan lebih baik lagi.

Selain materi yang disampaikan di atas penyelenggara pun menyampaikan poin poin mengenai teknik pengolah data statistik perkebunan dan keseragaman format laporan yang sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Data Komoditas Perkebunan (PDPK). Diharapkan dengan adanya pertemuan tersebut pelaporan data dan informasi statistik yang disajikan oleh pengumpul dan pengolah dapat lebih berkualitas yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan perkebunan di Jawa Barat.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 248 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya