•    
  •    
  •    
  •    
17 Juli 2018 13:49:31 0

Sebagaimana dimaklumi bahwa sektor perkebunan di Jawa Barat memiliki peranan penting dalam dinamika pembangunan Jawa Barat. Dengan kesuburan tanahnya, berbagai komoditas perkebunan tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga secara kultural dan historis sebagian masyarakat Jawa Barat menggantungkan hidupnya dari sektor perkebunan.

Dalam konteks pembangunan, potensi tersebut perlu dikelola dengan baik oleh segenap masyarakat perkebunan, khususnya Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang diberi amanat untuk memfasilitasi dan mendorong kemajuan perkebunan di Jawa Barat.

Sejalan dengan konsep pembangunan Lima Tahunan, tahun 2018 ini, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dihadapkan pada berbagai penyusunan dokumen perencanaan, diantaranya menyusun Rencana Strategis Jangka 2018 - 2023. Untuk itu, pada acara tersebut diundang para stakeholder perkebunan di Jawa Barat untuk bersama-sama merumuskan pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat lima tahun kedepan ditengah berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi.

Dalam rangka merumuskan pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat. Pada Hari Senin Tanggal 16 Juli 2018, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menginisiasi Kegiatan Focus Group Discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat yang dilaksanakan di Hotel Prama Grand Preanger, Jl. Asia Afrika no. 81, Kota Bandung.

Maksud dilaksanakannya kegiatan Focus Group Discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat ini adalah untuk merumuskan pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat.

Adapun tujuannya adalah :

  1. Memperoleh gambaran/mapping komoditas perkebunan di Jawa Barat;
  2. Mengumpulkan faktor faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat;
  3. Merumuskan strategi pengembangan komoditas perkebunan di Jawa Barat.

Bapak Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Ir. Hendy Jatnika, MM dalam arahannya menyampaikan aspek Tridarma Perkebunan dan faktor komoditas perkebunan yang secara historis menjadi ikon perkebunan Jawa Barat dan nasional  sebagai salah satu bahan kebijakan pengembangan komoditas perkebunan Jawa Barat.

Kegiatan Focus Group Discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat ini mencakup beberapa pokok kegiatan  sebagai berikut:

  • Penyampaian paparan narasumber DR. Undang Fajar dari Riset Perkebunan Nusantara ;
  • Penyampaian penjelasan mekanisme focus group discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat;
  • Pelaksanaan focus group discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat yang akan dibagi dalam tiga kelompok yang dipandu Tim dari Center For Economics Development Studies (CEDS) Universitas Padjadjaran Bandung.

Kegiatan Focus Group Discussion Pengembangan Komoditas Perkebunan Jawa Barat diikuti oleh unsur Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, unsur Perangkat Daerah lingkup Provinsi Jawa Barat, unsur Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, unsur perangkat Daerah Kabupaten/Kota yang membidangi perkebunan di Jawa Barat dan unsur Asosiasi bidang perkebunan di Jawa Barat. Tercatat + 70 Peserta hadir pada pertermuan tersebut.

Dari hasil kegiatan FGD dimaksud diharapkan menghasilkan dokumen pengembangan komoditas perkebunan jawa barat sebagai bahan acuan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan perkebunan



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 721 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya