•    
  •    
  •    
  •    
03 September 2018 13:35:10 0

BANDUNG --Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melalui Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan (BPPBP) menyelenggarakan Sosialisasi Varietas Unggulan Lokal Tembakau Jawa Barat yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan Provinsi Jawa Barat yang berada di Jl. Arcamanik, Sindanglaya Bandung Jawa Barat. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari Perwakilan dari Dinas Kabupaten/Kota yang menangani urusan Perkebunan, produsen benih tembakau, petani tembakau, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). Maksud diadakannya Pertemuan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi, dan upaya dalam rangka penyediaan benih tembakau yang unggul dan bermutu, serta mensosisalisasikan varietas tembakau unggul Jawa Barat yang telah dilepas.

Pertemuan tersebut dibuka oleh Kepala Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan (Drs. H. Dudung A Suganda., M.si.), beliau menyampaikan perlu adanya strategi penguatan sinergitas dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan keterampilan pembenihan tembakau unggul lokal yang telah teruji, dan diharapkan dengan pertemuan ini juga Peserta dapat mengetahui morfologi varietas tembakau serta membahas juga pelepasan 6 varietas tembakau. Selanjutnya penyampaian beberapa materi dilakukan oleh beberapa narasumber yaitu terdiri dari: 

  1. Ir. Masriani, M.Sc. dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementrian pertanian yang menyampaikan mengenai Pedoman Produksi, Sertifikasi, Peredaran Dan Pengawasan Benih Tanaman Tembakau (Nicotiana Tabacum L)
  2. Prof. Dr. Ir. Suwarso, MS. dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang menyampaikan mengenai Produksi Benih Bina
  3. Dr. Ir. Sesanti Basuki, M.Phil. juga dari Balittas Malang menyampaikan materi mengenai Varietas-varietas Tembakau Mole Sumedang dan Majalengka

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan para penangkar benih tembakau dan meningkatkan ketersediaan benih tembakau unggul lokal serta mutu hasil produksinya dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani tembakau di Jawa Barat.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 359 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya

Index Berita