•    
  •    
  •    
  •    
14 September 2018 15:51:33 0

Kab Bandung- Bidang Pengembangan dan Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melalui Seksi Prasarana Perkebunan mengadakan Kegiatan Mitigasi Dampak Perubahan iklim pada lahan kopi di Kelompok Laksana Mekar, Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung sejak mulai bulan Maret sampai dengan Bulan Agustus 2018 lalu.

Mitigasi Dampak Perubahan iklim dalam hal ini musim kemarau merupakan upaya untuk mengurangi risiko kekeringan pada lahan perkebunan, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman kekeringan. Salah satu upaya tersebut adalah pembuatan Embung di lahan tanaman kopi, pemberian bantuan ternak dan kandang, pemberian bantuan alat pengayak dan pencacah kompos serta bantuan lubang biofori.

Embung dibangun bertujuan untuk menampung air di di wilayah pengembangan perkebunan rakyat yang berasal dari air hujan, aliran permukaan (run off) atau sumber mata air lainnya, sehingga pada musim kemarau embung tersebut dapat menjadi sumber air untuk suplesi pengairan atau irigasi lahan perkebunan. Secara teknis penyaluran air dari embung melalui pipanisasi ke bak pembagi yang lokasinya berdekatan dengan lahan perkebunan milik petani. Pembangunan dimulai dari : 1) Sosialisasi kepada kelompok tani; 2) persiapan bahan material; 3) Konstruksi sampai dengan pemasangan pipanisasi menuju bak pembagi.

Sedangkan pemberian ternak dan kandang dimaksudkan agar ada yang menghasilkan disaat tanaman perkebunan tidak menghasilkan produksi secara optimal di musim kering, serta kotoran yang dihasilkan ternak dapat menjadi kompos yang kemudian dapat diayak dan dicacah oleh mesin berbahan bakar diesel ini. Alat pengayak dan pencacah pupuk tersebut sudah mendapat seritikasi dan diuji kelayakan pemakaian yang sudah sesuai SNI atau belum dari Balai Mekanisasi Pertanian.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama 6 bulan terhitung sejak bulan maret sampai dengan bulan agustus tersebut mendapatkan bimbingan langsung dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Dinas Provinsi serta di Dinas yang membawahi pekebunan di Kabupaten setempat. Pemilihan lokasi desa Arjasari, Kecamatan Arjasari Kab. Bandung ini didasarkan atas Pedoman Umum yang mengklasifikasi lokasi yang merupakan daerah rawan kekeringan dengan potensi tanaman kopi yang tinggi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan mitigasi dampak perubahan iklim tersebut mampu membantu masyarakat khususnya kelompok tani perkebunan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya pada saat musim kemarau.



Sumber : Disbun Jabar
Dibaca : 1330 x

Komentar Berita


Jangan Tampilkan Email Saya