•    
  •    
  •    
  •    

H. Nana Yustiana (Pak One)

H. Nana Yustiana yang lebih dikenal dengan sebutan H. One adalah sosok petani teh rakyat yang cukup maju dari Kabupaten Bandung. Beliau adalah Ketua Gapoktan "One Tea Group" dengan luas lahan 132,21 Ha yang tersebar di wilayah Kabupten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

... Selengkapnya

H. Dinuri Supriatna (Haji Dinuri)

H. Dinuri Supriatna, Sukses Kembangkan Kopi Luwak Kecintaannya terhadap tanaman kopi mengantarkan Supriatna Dinuri (48) warga Kampung Pasir Mulya Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung menjadikan seorang pengusaha kopi luwak sukses.

... Selengkapnya

H. ASEP SUKMANA

H. Asep Sukmana, anak muda dari kawasan Gunung Halu tepatnya dari Kp. Cikakak, Desa Mekarwangi, Kec. Sindangkerta Kab. Bandung Barat baru menginjak usia 37 tahun, wajahnya yang imut, kulitnya yang putih, tinggi semampai, dan pembawaannya yang ramah, terkesan tidak seperti penampilan seorang petani kebun pada umumnya, akan tetapi lebih pantas disebut sebagai orang rumahan atau orang kantoran.

... Selengkapnya

Kurnadi Syarif Iskandar

H. Kurnadi Syarif Iskandar, Tokoh Perkebunan Nasional Asal Jawa Barat, Ketika pertama kali bertemu dalam suatu rapat pembahasan Indikasi Geografis Teh Java Preanger, seakan tidak percaya kalau beliau adalah mantan Direktur Utama ke-satu dari salah satu Perusahaan Perkebunan Besar di Indonesia.

... Selengkapnya

H. KUSWANDI MD.(Tokoh Perkebunan Teh Jawa Barat)

H. Kuswandi MD. SH, seorang sarjana hukum lulusan Universitas Padjadjaran Bandung, berdarah asli Sumedang tapi dilahirkan di Kota Gantung Belitung Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Bagian Selatan, pada tanggal 27 Januari 1945, atau telah berusia 69 tahun. Beliau adalah seorang pensiunan dari PTPN VIII, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Biro Direksi (sekarang Sekretaris Perusahaan). Beliau mengawali kariernya sebagai anggota staf pada PT. Perkebunan XIII yang kini telah bergabung dengan PT. Perkebunan Nusantara VIII dengan corebusinis utamanya adalah komoditas teh.

... Selengkapnya

H. Rachmat Badruddin (Komandan Bisnis Teh Indonesia)

H. Rachmat Badruddin, seorang pengusaha di bidang usaha perkebunan, beliau sudah tak asing lagi bagi komunitas perkebunan khususnya komunitas teh karena selain menggeluti dunia bisnis dibidang per-tehan, beliau juga dipercaya menjadi Ketua Umum Dewan Teh Indonesia (DTI). Pemilik PT. KBP Chakra ini menggeluti dunia usaha sejak beliau lulus pendidikan Sekolah Menengah Atas di Amerika. Bakat bisnis dan kerja keras yang dimilikinya diwarisi dari ayahnya, salah seorang pemilik perkebunan Dewata.

... Selengkapnya

AYI SUTEJA (Pendekar Kopi Gunung Puntang)

AYI SUTEDJA,   Pendekar Kopi Gunung Puntang, kelahiran Bandung 12 Januari 1965, adalah seorang Sarjana Pendidikan Luar Sekolah (PSL) IKIP Bandung, juga Alumni SMA Negeri 1 Bandung, di pertengahan bulan April tahun 2016 ini sontak namanya melejit bagai roket di kalangan masyarakat perkopian Indonesia. Pasalnya  petani kopi asal Gunung Puntang Kab. Bandung yang berpenampilan sederhana, ramah dan bersahaja ini, baru saja mendapat penghargaan Juara Pertama dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 pada tanggal 14-17 April 2016 lalu, yang digelar di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS). Luar Biasaaaa!!!

... Selengkapnya

NIKMATNYA KOPI SANG PILOT

Sammy Broery Yusuf Legi. Kemunculan pria gagah ini di dunia perkopian barulah masuk tahun ke 4 atau ke 5, tetapi prestasinya langsung melesat tinggi bagai deru pesawat tempur. Prestasi Bronze Medal untuk cita rasa kopi kelas dunia yang diraihnya di ajang MICE (Melbourne International Coffee Expo) 2017 pada bulan Maret lalu, membuktikan bahwa kemunculannya di dunia perkopian nasional maupun internasional tersebut telah dijalaninya secara serius dan penuh perhitungan, walaupun harus ditebus dengan meninggalkan dunia penerbangan yang Sam impikan di Amerika Serikat.

... Selengkapnya