•    
  •    
  •    
  •    

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Dilleniidae
                         Ordo: Malvales
                             Famili: Bombacaceae
                                 Genus: Ceiba
                                     Spesies: Ceiba pentandra L. Gaertn

Syarat Tumbuh
     
Kapuk membutuhkan musim kering yang panjang, tetapi jangan terlalu kering. Daerah-daerah, seperti Krawang, Indramayu, Karesidenan Bojonegoro dan kepulauan Nusa Tenggara tidak sesuai untuk tanaman kapuk karena terlalu kering. Begitu juga di daerah yang terlalu basah seperti Sumatera dan Jawa Barat. Hubungan antara curah hujan di beberapa daerah penghasil kapuk di pulau Jawa, menunjukkan bahwa curah hujan pada periode kering menentukan saat berbunga dan pembentukan buah. Dalam periode tersebut jumlah curah hujan tiap bulan yang kurang dari 100 mm sebaiknya tidak lebih dari empat bulan, sedangkan jumlah hujan seluruhnya sedikitnya 150 mm dan setinggi-tingginya 350 mm, dengan jumlah hari sedikitnya 10 hari dan setinggi-tingginya 25 hari

Kriteria kesesuaian lahan untuk tanaman kapok dapat dilihat pada tabel berikut :

Manfaat
     
Tiap bagian dari tanaman kapuk randu memiliki manfaat dan potensi yang sangat besar, mulai dari kayu, daun, bunga, buah, biji hingga kulit buah. Bagian kayu dari tanaman kapuk randu dapat digun   akan untuk pembuatan kertas, pintu, furniture, kotak dan mainan. Daun dari tanaman kapuk randu dapat digunakan sebagai makanan ternak dan dapat memperbaiki tanah. Bunganya merupakan sumber madu yang bagus dan bunga kapuk randu ini dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit demam, batuk, serak dan lain sebagainya. 
      Buah merupakan sumber serat kapuk, dapat digunakan sebagai bahan dasar matras, bantal, hiasan dinding, pakaian pelindung, penahan panas dan suara. Kulit buah digunakan sebagai pengganti bahan kertas untuk pembuatan kertas. Bagian kulit ini kaya akan potassium dan abu sehingga dapat digunakan sebagai pupuk, membuat baking soda dan sabun. Kulit kering digunakan sebagai bahan bakar.