•    
  •    
  •    
  •    
01 Desember 20160

Apakah Dinas Perkebunan dapat melakukan observasi dan penelitian di calon perkebunan swasta yang akan di develop/di kembangkan. Rincian pekerjaannya berupa memeriksa Derajat Keasaman Tanah dalam satu hamparan 40 Ha (sampling) dan berapa kira-kira biaya atas observasi tingkat kesuburan tsb dan membuat beberapa profil tanah untuk identifikasi ?? (perkiraan biaya kasar, jumlah orang dan aktifitas Bandung ke lokasi lahan di Cicalengka). Minta informasi secepatnya. TONY.R.

Pertanyaan dari : Tony Riyanto di Cihideung, Bogor
tony.riyanto@ot.co.id

Pak Tony Riyanto, perihal yang Bp pertanyakan, secara umum di kantor kami sudah memiliki data dan peta kesesuaian lahan dengan tingkat dimensi sampai ke desa/kelurahan, dimana pada peta kesesuaian lahan tersebut terdapat data umum tentang kondisi lahan setempat serta arahan peruntukan pengembangan komoditas perkebunan. Jika sebatas itu yang Bp perlukan maka sebaiknya Bp berkunjung ke kantor kami di Jl. Surapati no 67 dan bisa berdiskusi langsung dengan Seksi Penataan Lahan (Bu Siti Purnama).

Namun apabila data yang Bp perlukan lebih detail lagi, kami bisa menyarankan Bp untuk menghubungi pihak surveyor ahli tanah yang bisa menganalisis secara langsung sesuai dengan kondisi lapangan. Kebetulan untuk hal teknis serupa itu kami belum memiliki tenaga ahli serta laboratorium tanah secara khusus. Terima kasih.

admin