•    
  •    
  •    
  •    
19 Desember 20160

kepada yth. disbun jabar saya danu dari Taman Buah Mekarsari div. R & D. untuk tahap awal sebelum kirim surat permohonan resmi saya mau bertanya kepada bpk/ibu, apakah disbun jabar mempunyai program untuk pengembangan atau pengenalan potensi untuk komoditi aren kepada masyarakat. jika ada kepada siapa kami bisa menghubungi untuk informasi lebih lanjutnya. Hormat saya, terima kasih.

Pertanyaan dari : danu sabda di jl.raya cileungsi-jonggol km.3
danu.sabda@yahoo.com

Yth. Bapak Danu Sabda, terima kasih sudah menghubungi kami. Perihal Aren.. di Jawa Barat terdapat potensi tanaman aren selas 14.204 Ha dengan potensi produksi sebanyak 22.489 Ton dan produktivitas 2.718 kg/ha.

Keberadaan tanaman aren di Jawa Barat sejauh ini belum dibudidayakan secara khusus, dalam arti belum ada pola penanaman secara hamparan, melainkan tumbuh secara liar di hutan atau perbukitan serta lembah-lembah sekitar aliran sungai maupun kebun-kebun sekitar pemukiman penduduk di perdesaan. Disamping itu tanaman aren di Jawa Barat populasinya cukup banyak disekitar kampung-kampung adat (Kampung Naga-Tasikmalaya, Kampung Ciptagelar-Cisolok Sukabumi, dlsb) hal tersebut dikarenakan keberadaan tanaman aren lebih erat dengan perkembangan budaya kampung adat secara turun menurun.

Pada saat ini perkembangan usaha pengolahan gula aren semakin berkembang dan merata di hampir seluruh Jawa Barat. Data terakhir terdapat potensi 14.204 Ha kebun aren dengan potensi produksi per tahun 22.489 ton dan produktivitas 2.718 kg/ha.

Pembinaan yang telah dilakukan ke masyarakat adalah disamping memberikan benih aren, juga memberikan pemahaman tentang teknik budidaya dan pengolahannya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang ke Kantor kami di Jl. Surapati no. 67 Bandung

admin
Lihat konsultasi

Konsultasi Yang Telah di Jawab.