•    
  •    
  •    
  •    
04 Januari 20170

1. Dimana saya bisa memperoleh benih bibit jarak kwalitas terbaik 2. Masih adakah perkebunan jarak pagar yg berjalan sampai sekarang, kalau ada didaerah mana saja ? mohon informasinya terima kasih

Pertanyaan dari : starjetmayudo di komplek bulak kapal Permai B - 39 Kel. Margahayu Bekasi Timur
starjetmayudosoeryono@yahoo.co.id

Berdasarkan data yang ada pada kami, bahwa jarak pagar ramai dikembangkan di Jawa sekitar tahun 2005-2007, dimana pada waktu itu terdapat program nasional ttg pengembangan minyak nabati dari bahan Jarak, sehingga pada saat itu budidaya jarak marak berkembang di masyarakat. Namun perkembangan kemudian ternyata kebijakan pengembangan jarak tidak lagi banyak diminati oleh masyarakat, sehingga keberadaan potensi areal budidayanya terus menyusut.

Pada saat ini tercatat potensi lahannnya seluas 1.542 Ha dengan produksi sekitar 321 ton. Daerah penyebarannya ada di Sumedang, Kota Banjar, Tasikmalaya, Indramayu, Ciamis, Bandung, Garut, Kuningan dan Pangandaran.

Mengenai bibit jarak yang bagus sebaiknya hubungi Balai Penelitian Tanaman Getas (Balitas) yang berlokasi di daerah Batu Malang Jawa Timur. Disana tersedia benih2 Jarak yang berkualitas.

admin
Lihat konsultasi

Konsultasi Yang Telah di Jawab.

@ 07 Juli 2011