•    
  •    
  •    
  •    
04 Januari 2017-20

1. Dimana saya bisa memperoleh benih bibit jarak kwalitas terbaik 2. Masih adakah perkebunan jarak pagar yg berjalan sampai sekarang, kalau ada didaerah mana saja ? mohon informasinya terima kasih

Pertanyaan dari : starjetmayudo di komplek bulak kapal Permai B - 39 Kel. Margahayu Bekasi Timur
starjetmayudosoeryono@yahoo.co.id

Berdasarkan data yang ada pada kami, bahwa jarak pagar ramai dikembangkan di Jawa sekitar tahun 2005-2007, dimana pada waktu itu terdapat program nasional ttg pengembangan minyak nabati dari bahan Jarak, sehingga pada saat itu budidaya jarak marak berkembang di masyarakat. Namun perkembangan kemudian ternyata kebijakan pengembangan jarak tidak lagi banyak diminati oleh masyarakat, sehingga keberadaan potensi areal budidayanya terus menyusut.

Pada saat ini tercatat potensi lahannnya seluas 1.542 Ha dengan produksi sekitar 321 ton. Daerah penyebarannya ada di Sumedang, Kota Banjar, Tasikmalaya, Indramayu, Ciamis, Bandung, Garut, Kuningan dan Pangandaran.

Mengenai bibit jarak yang bagus sebaiknya hubungi Balai Penelitian Tanaman Getas (Balitas) yang berlokasi di daerah Batu Malang Jawa Timur. Disana tersedia benih2 Jarak yang berkualitas.

admin
Lihat konsultasi

Konsultasi Yang Telah di Jawab.

@ 04 Desember 2016

Lada salah satu komoditas yang mewarnai perjalanan panjang sejarah Indonesia. Lada sudah menjadi rempah-rempah yang diperdagangkan saat era pra Indonesia hingga saat ini. Indonesia tercatat sebagai pemilik area Harga Hp samsung Murahperkebunan lada terluas di dunia dan sempat sebagai produsen terbesar. Sayangnya, produktivitas lada Indonesia kini kalah saing dengan negara lain seperti Vietnam maupun India. Piper Nigrum atau lada, sebuah rempah yang sering menjadi bagian resep masakan di Indonesia. Masakan dengan campuran lada akan semakin lezat rasanya. Pada masa kolonial lada menjadi komoditas penting diperdagangkan hingga ke Eropa. Kiprah lada di Indonesia tak hanya berlangsung pada masa lampau. Hingga kini Indonesia masih menjadi produsen lada dunia. Indonesia tengah menghadapi persoalan daya saing dalam komoditas lada, saat pemain baru seperti Vietnam membayangi. Lada Indonesia hadir dalam beberapa jenis yang sudah lama dibudidayakan petani. Jenis lada hitam dan putih yang paling populer di Tanah Air. Beberapa wilayah di Indonesia seperti Lampung menjadi pemasok lada hitam. Lada yang berasal dari Lampung bahkan sudah dikenal sebelum Perang Dunia II. Pada 1970, produksi lada hitam asal Lampung mencapai 50 ribu ton dengan produktivitas 1,5-2 ton per hektar. Lampung sempat menjadi pemasok sebagian besar lada hitam dunia. Selain lada hitam, juga ada lada putih, pemasok terbesar adalah wilayah Bangka Belitung. Bangka Belitung juga sudah lama terkenal sebagai penghasil lada putih di pasar global karena komoditas itu memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas.