•    
  •    
  •    
  •    
16 Januari 2017-30

bagaimana proses dan prosedur pembuatan atau pengolahan kopra putih? terima kasih atas bantuannya salam, Franky soetanto

Pertanyaan dari : Franky Soetanto di jl.agung perkasa raya j8/15b,jakarta utara
frankysoetanto.mjs@gmail.com

Pertama tama saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Franky Soetanto yang telah bergabung dengan forum konsultasi website Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dimana Bapak menanyakan Cara pengolahan Kopra Putih dengan pengeringan oven.

Baik akan saya coba untuk menjawab pertanyaan Bapak yang saya ambil dari beberapa referensi dari ahli kopra di Indonesia :

Ada 2 jenis kopra, yaitu : Kopra hitam dan kopra putih.  Proses pengolahan kedua kopra tersebut hampir sama, pengeringan dengan jemur matahari dan dioven, yang membedakan kalau kopra putih sudah disulfur dan warnanya besih/tidak gosong.

CARA PEMBUATAN KOPRA PUTIH DENGAN PENGERINGAN OVEN

Pembuatan Kopra putih dengan sistem oven harus benar-benar memperhatikan pemerataan suhu di dalam oven, memiliki ventilasi pembuangan uap air dari kelapa dan memiliki blower agar mendapatkan kualitas kopra putih dan bagus.

Berikut tahapan pembuatannya:

  • Kelapa yang sudah tua dan bagus/tidak busuk, belah menjadi 2 (berikut batoknya)
  • Susun kelapa tersebut dalam oven
  • Bakar sulfur yang sudah dimasukan kedalam kaleng dan arang, masukan sulfur ke dalam oven tutup rapat oven biarkan selama 2 jam ( berfungsi sebagai anti jamur)
  • Nyalakan oven, atur suhu 60-80C selama 8 jam,
  • Cek kopra apakah sudah dapat dicongkel dari batoknya, congkel semua daging kelapa
  • Kopra yang sudah dicongkel masukan kembali ke oven, bakar sulfur seperti tadi, lalu nyalakan oven dengan suhu 50-60C selama 18-20 jam, sampai kadar air mencapai 5%
  • Penyortiran kopra sesuai quality control
  • Packing Kopra (hanya kopra yang bagus)
  • Simpan kopra di gudang yang sudah dibuat palet (jarak dari lantai) agar tidak lembab dan menimbulkan jamur
  • Setiap hari gudang kopra harus disulfur agar steril dari kutu kopra atau serangga lain penyebab jamur (sampai waktu pengiriman).

Info lebih lanjut untuk oven kopra ke http://rumahmesin.com

Semoga bermanfaat.

admin
Lihat konsultasi

Konsultasi Yang Telah di Jawab.

@ 04 Desember 2016

Lada salah satu komoditas yang mewarnai perjalanan panjang sejarah Indonesia. Lada sudah menjadi rempah-rempah yang diperdagangkan saat era pra Indonesia hingga saat ini. Indonesia tercatat sebagai pemilik area Harga Hp samsung Murahperkebunan lada terluas di dunia dan sempat sebagai produsen terbesar. Sayangnya, produktivitas lada Indonesia kini kalah saing dengan negara lain seperti Vietnam maupun India. Piper Nigrum atau lada, sebuah rempah yang sering menjadi bagian resep masakan di Indonesia. Masakan dengan campuran lada akan semakin lezat rasanya. Pada masa kolonial lada menjadi komoditas penting diperdagangkan hingga ke Eropa. Kiprah lada di Indonesia tak hanya berlangsung pada masa lampau. Hingga kini Indonesia masih menjadi produsen lada dunia. Indonesia tengah menghadapi persoalan daya saing dalam komoditas lada, saat pemain baru seperti Vietnam membayangi. Lada Indonesia hadir dalam beberapa jenis yang sudah lama dibudidayakan petani. Jenis lada hitam dan putih yang paling populer di Tanah Air. Beberapa wilayah di Indonesia seperti Lampung menjadi pemasok lada hitam. Lada yang berasal dari Lampung bahkan sudah dikenal sebelum Perang Dunia II. Pada 1970, produksi lada hitam asal Lampung mencapai 50 ribu ton dengan produktivitas 1,5-2 ton per hektar. Lampung sempat menjadi pemasok sebagian besar lada hitam dunia. Selain lada hitam, juga ada lada putih, pemasok terbesar adalah wilayah Bangka Belitung. Bangka Belitung juga sudah lama terkenal sebagai penghasil lada putih di pasar global karena komoditas itu memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas.