•    
  •    
  •    
  •    

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT

 

(Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 38 Tahun 2009, tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat)

 

DINAS PERKEBUNAN

 

Tugas Pokok

Dinas mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan operasional di bidang Perkebunan merupakan sebagian kewenangan desentralisasi Propinsi, dan kewenangan yang dilimpahkan kepada Gubernur berdasarkan asas dekonsentrasi dan tugas pembantuan.

Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada pasal ini, Dinas mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis operasional di bidang perkebunan;
  • Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang perkebunan;
  • Fasilitasi di bidang Perkebunan;
  • Penyelenggaraan ketatausahaan.

 

SEKRETARIAT

 

Tugas Pokok

Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan koordinasi perencanaan dan program Dinas, pengkajian perencanaan dan program, pengelolaan keuangan, kepegawaian, dan umum.

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. pengkajian dan pengkoordinasian perencanaan dan program kerja Dinas;
  2. pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan;
  3. pengkajian dan pengelolaan urusan Keuangan, kepegawaian dan umum.

Rincian Tugas Sekretariat :

  1. menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi perencanaan, program kerja dinas;
  2. menyelenggarakan pengkajian dan koordinasi pengelolaan data dan informasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja dinas;
  3. menyelenggarakan pengkajian perencanaan dan program kesekretariatan;
  4. menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan;
  5. menyelenggarakan pengkajian anggaran belanja;
  6. menyelenggarakan pengendalian administrasi belanja;
  7. menyelenggarakan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  8. menyelenggarakan penatausahaan, kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  9. menyelenggarakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  10. menyelenggarakan penyusunan bahan rancangan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan, protokol dan hubungan masyarakat;
  11. menyelenggarakan pengelolaan naskah dinas dan kearsipan;
  12. menyelenggarakan pembinaan Arsiparis;
  13. menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait.
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

Sekretariat membawahkan :

  1. Subbagian Perencanaan dan Program;
  2. Subbagian Keuangan;
  3. Subbagian Kepegawaian dan Umum.

 

SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN PROGRAM

 

Tugas Pokok:

Subbagian Perencanaan dan Program mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan perencanaan, penyusunan program kerja, pengelolaan data dan informasi serta monitoring evaluasi dan pelaporan.

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Perencanaan dan Program mempunyai fungsi :

  1. penyusunan bahan perencanaan dan program sekretariat;
  2. penyusunan bahan penyelenggaraan koordinasi perencanaan dan program dinas yang meliputi bidang produksi perkebunan, pengembangan SDM kelembagaan dan permodalan, pengembangan dan pengendlian perkebunan danpengolahan, pemasaran dan usaha perkebunan;
  3. penyusunan bahan hasil koordinasi perencanaan dan program dinas yang meliputi bidang produksi perkebunan, pengembangan SDM kelembagaan dan permodalan, pengembangan dan pengendlian perkebunan dan pengolahan,pemasaran dan usaha perkebunan;
  4. pengkoordinasian perencanaan dan program UPTD;
  5. pengkoordinasian monitoring, evaluasi dan pelaporankinerja dinas;
  6. penyusunan dan pengelolaan data dan informasi perkebunan.

RincianTugas Subbagian Perencanaan dan Program :

  1. melaksanakan penyusunan perencanaan dan program kerja dinas;
  2. melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan danprogram kerja dinas yang meliputi bidang produksi perkebunan, pengembangan SDM kelembagaan dan permodalan, pengembangan dan pengendlian perkebunan danpengolahan, pemasaran dan usaha perkebunan;
  3. melaksanakan pengelolaan monitoring, evaluasi danpelaporan kinerja dinas;
  4. melaksanakan penyiapan, pengelolaan danpemutakhiran data dan informasi bidang Perkebunan;
  5.  melaksanakan sosialisasi dan pembinaan di bidangperencanaan evaluasi dan pelaporan serta pengelolaan statistik perkebunan;
  6.  melaksanakan penyusunan bahan evaluasi dan laporan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Program;
  7. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  8. melaksanakan penyusunan rencana strategis;
  9. melaksanakan pengelolaan sistem informasi bidang perkebunan;
  10. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas  pokok dan fungsi.

 

 

SUBBAGIAN KEUANGAN

 

Tugas Pokok

Subbagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan di lingkungan dinas.

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan bahan rencana anggaran belanja langsung dan tidak langsung dinas;
  2. pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan teknis administrasi keuangan bidang;
  3. pelaksanaan koordinasi pengelolaan keuangan pada UPTD.

Rincian Tugas Subbagian Keuangan :

  1. melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan anggaran Dinas;
  2. melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan Dinas;
  3. melaksanakan penyusunan pembuatan daftar gaji dan tunjangan daerah serta pembayaran lainnya;
  4. melaksanakan perbendaharaan keuangan;
  5. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan;
  6. melaksanakan penatausahaan belanja langsung dan belanja tidak langsung dinas dan UPTD;
  7. melaksanakan verifikasi keuangan;
  8. melaksanakan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) dan penyiapan bahan pertanggung jawaban keuangan;
  9. melaksanakan dan koordinasi penyusunan bahan evaluasi dan pelaporan administrasi keuangan;
  10. melaksanakan kordinasi dengan unit kerja terkait.
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

 

 

SUBBAGIAN KEPEGAWAIAN DAN UMUM

 

Tugas Pokok

Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, ketatalaksanaan, umum dan perlengkapan.

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai fungsi :

  1. penyusunan bahan penyelenggaraan mutasi, pengembangan karir, kesejahteraan dan disiplin pegawai, dan pengelolaan administrasi kepegawaian lainnya;
  2. penyusunan bahan penyelenggaraan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan dan rumah tangga;
  3. pelaksanaan administrasi, dokumentasi peraturan perundang-undangan, kearsipan dan perpustakaan;
  4. pelaksanaan tugas kehumasan Dinas;
  5. pengelolaan perlengkapan Dinas.

 
Rincian Tugas Subbagian Kepegawaian dan Umum :

  1. melaksanakan penyusunan, pengolahan data kepegawaian;
  2. melaksanakan pengusulan gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai dan jabatan di lingkungan Dinas;
  3. melaksanakan penyiapan dan pengusulan pensiun pegawai, peninjauan masa kerja dan pemberian penghargaan serta tugas/ijin belajar, pendidikan/pelatihan kepemimpinan teknis dan fungsional;
  4. menyusun bahan pembinaan disiplin pegawai;
  5. melaksanakan penyiapan bahan pengembangan karir dan mutasi serta pemberhentian pegawai;
  6. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan kepada unit kerja di lingkungan Dinas;
  7. melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
  8. mengendalikan administrasi perjalanan dinas pegawai;
  9. melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat/naskah dinas dan arsip serta pengelolaan perpustakaan;
  10. melaksanakan penggandaan naskah dinas;
  11. melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat dinas;
  12. melaksanakan pengelolaan hubungan masyarakat, protokol dan pendokumentasian;
  13. melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana, pengurusan rumah tangga, pemeliharaan/ perawatan lingkungan kantor, kendaraan dan asset lainnya serta ketertiban, keindahan dan keamanan kantor;
  14. melaksanakan penyusunan bahan evaluasi dan laporan kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum;
  15. Melaksanakan koordinasi dengan Unit Kerja terkait;
  16. melaksanakan pengelolaan rumah tangga, ketertiban, keindahan serta keamanan kantor;
  17. pengelolaan perpustakaan Dinas;
  18. melaksanakan pengelolaan kepegawaian pada UPTD;
  19. melaksanakan pembinaan kearsipan Dinas dan UPTD.
  20. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.