•    
  •    
  •    
  •    

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SEKRETARIAT

DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT

 

Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi Dinas, meliputi perencanaan dan pelaporan, keuangan dan aset serta kepegawaian dan umum, membantu Kepala Dinas mengkoordinasikan Bidang-bidang.

 

  • penyelenggaraan koordinasi, menghimpun dan pengkajian bahan kebijakan teknis di bidang perkebunan yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  • penyelenggaraan perencanaan dan pelaporan, pengadministrasian keuangan dan aset, kepegawaian dan umum;
  • penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Dinas; dan
  • penyelenggaraan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

 

  • menyelenggarakan pengkajian program kerja Sekretariat dan Dinas;
  • menyelenggarakan koordinasi, pengkajian dan menghimpun bahan kebijakan teknis di bidang perkebunan yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  • menyelenggarakan perencanaan dan pelaporan;
  • menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan, meliputi penganggaran, penatausahaan, pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas serta pengelolaan aset;
  • menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian, meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai Dinas dan UPTD;
  • menyelenggarakan pelayanan administrasi umum, meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, pengelolaan, dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  • menyelenggarakan pengkajian bahan penataan kelembagaan, ketatalaksaanaan Dinas dan UPTD;
  • menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Dinas;
  • menyelenggarakan pengumpulan dan pengkajian bahan Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Kerja (RENJA), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Perjanjian Kinerja (PK), serta Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) lingkup Dinas;
  • menyelenggarakan fasilitasi Pelayanan Informasi Publik (PIP);
  • menyelenggarakan pengkajian bahan dan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPID);
  • menyelenggarakan administrasi Dinas;
  • menyelenggarakan koordinasi dan mengolah bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  • menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • menyelenggarakan pengkajian bahan saran pertimbangan mengenai kesekretariatan sebagai bahan penetapan kebijakan Pemerintah Daerah;
  • memimpin seluruh pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat;
  • menyelenggarakan pengolahan bahan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kesekretariatan UPTD;
  • menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan Sekretariat dan Dinas; danmenyelenggarakan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

 

 

  • Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  • Subbagian Keuangan dan Aset;
  • Subbagian Kepegawaian dan Umum.

 

SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN PROGRAM

Tugas Pokok:

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Perencanaan dan Program mempunyai fungsi :

RincianTugas Subbagian Perencanaan dan Program :

     

 

Subbagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas pokok melaksanakan pelayanan administrasi keuangan dan aset, meliputi penganggaran dan penatausahaan, perbendaharaan, penyusunan neraca aset, verifikasi dan pertanggungjawaban keuangan dan aset serta pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas.

 

  • pelaksanaan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis di bidang keuangan dan aset;
  • pelaksanaan pengadministrasian keuangan dan aset;
  • pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  • pelaksanaan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

 

  • melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Keuangan dan Aset;
  • melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis keuangan dan aset;
  • melaksanakan pengelolaan sistem akuntansi;
  • melaksanakan perencanaan anggaran dan penyusunan dokumen anggaran;
  • melaksanakan pelayanan perbendaharaan serta penyusunan neraca aset;
  • melaksanakan verifikasi dan pertanggungjawaban keuangan dan aset;
  • melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan dan neraca aset Dinas serta UPTD;
  • melaksanakan penyusunan bahan laporan keuangan dan aset kegiatan anggaran pendapatan dan belanja Dinas;
  • melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  • melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • melaksanakan penyusunan bahan saran pertimbangan mengenai keuangan dan aset sebagai bahan penetapan kebijakan Pemerintah Daerah;
  • melaksanakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Subbagian;
  • melaksanakan koordinasi pelaksanaan administrasi keuangan dan aset UPTD;
  • melaksanakan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  • melaksanakan fungsi lain sesuai tugas pokok dan fungsinya.

 

 

SUBBAGIAN KEPEGAWAIAN DAN UMUM

Tugas Pokok

Fungsi:
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai fungsi :

    pelaksanaan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis di bidang kepegawaian dan administrasi umum Dinas;
  1. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  2.  
    Rincian Tugas Subbagian Kepegawaian dan Umum :
  1. melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis kepegawaian dan umum;
  2. melaksanakan ketatausahaan, kerumahtanggaan, kehumasan, pengelolaan dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  3. melaksanakan inventarisasi, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan, pemindahtanganan, dan penghapusan,  serta pendayagunaan barang daerah Dinas;
  4. melaksanakan pembinaan pengelolaan barang daerah UPTD;
  5. melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Dinas;
  6. melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  7. melaksanakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  8. melaksanakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Subbagian;
  9. melaksanakan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  10. melaksanakan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.