Selamat Datang di Website Resmi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat
Home »

KUNJUNGAN STUDY ORIENTASI KELEMBAGAAN TEBU PROV. D.I YOGYAKARTA KE JAWA BARAT
20 April 2012 15:14:14 8
Penulis : Ir. H. Dede Juadi ( Penyuluh Pertanian/Perkebunan Disbun Jabar)

 Dalam  upaya  meningkatan  SDM petani dan petugas perkebunan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan  Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan kunjungan Study Orientasi tentang pengembangan tebu rakyat dan kelembagaan tebu di Jawa Barat.

Peserta Studi orientasi sebanyak 50 orang yang terdiri dari  petani tebu dan pengurus KPTR 24 orang dari kabupaten Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul dan Sleman, petugas teknis yang menangani kegiatan akselerasi tebu Dari Dishutbun D.I Yogyakarta dan Kabupaten  ybs. 10 orang serta tenaga kontrak (pendamping akselerasi tebu) 16 orang. Dengan Pimpinan rombongan kepala Bidang yang menangani perkebunan.

Study Orientasi dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 April 2012, dengan sasaran pengembangan tebu  dan Koperasi tebu (KPTR) di wilayah Kabupaten Cirebon dan Majalengka. Kegiatan lapangan di wilayah kabupaten Cirebon diterima di KPTR Sakarosa Srikandi PG  Sindanglaut dengan koordinasi Asosiasi Petani Tebu (APTRI) dan Dinas Pertanian, Perkebunanan, Kehutanan dan Peternakan kabupaten Cirebon, sedangkan di wilayah kabupaten Majalengka peserta mengunjungi Kopetra Manis Jaya PG Jatitujuh dengan koordinasi APTRI dan Dinas Kehutanan, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten  Majalengka serta didampingi petugas dari Disbun Prov. Jabar, yaitu dalam rangka study orientasi pengembangan tebu rakyat dan kelembagaan petani tebu rakyat di tingkat lapangan.

Pada tanggal 20 April 2012 peserta  berkunjung ke Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, diterima oleh Kepala Bidang Produksi Perkebunan Ir. Hendy Jatnika, MM., yang membahas tentang Kebijakan pengembangan tebu dalam kegiatan akselerasi tebu di Jawa Barat serta upaya-upaya pemberdayaan petani tebu.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan serah terima kenangan berupa Plakat dari masing-masing, yaitu dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan D.I Yogyakarta serta  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat.

Sumber : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 3603 x

Berita Terkait


Form Komentar Berita



Index Berita

 < 1 2 3 4 5 >  Last ›