Selamat Datang di Website Resmi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat
Home »

Kopi Bagian Penting Perekonomian Jabar
09 Juli 2013 08:20:45 0
Penulis : Admin/(A-147)***

 BANDUNG, (PRLM).- Dari banyak literature, komoditas kopi merupakan bagian penting dari sejarah awal pertumbuhan perekonomian masyarakat Jawa Barat sejak zaman kolonial. Konon kaum kolonial mulai ‘betah’ di tanah Parahyangan karena berawal dari nikmatnya usaha kopi.

Bahkan selama kurun waktu 1711 sampai dengan 1870-an perdagangan kopi dari tanah Parahyangan memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian bangsa kolonial. Oleh karena itu maka masyarakat Jawa Barat secara turun temurun sudah sangat akrab terhadap komoditas kopi, tidak hanya sekadar mengkonsumsinya secara rutin, tetapi juga membudidayakan dan mengolahnya.

Pelaku tingkat petani, pengolah, pedagang, pemerhati, maupun pencinta kopi Jawa Barat, yang sudah lama ingin bersilaturahmi, bertatap muka langsung dengan Gubernur Jawa Barat, Jumat (5/7/2013). Mereka mengadaka dialog, tentang bagaimana membangun perkopian Jawa Barat sehingga bisa diandalkan di tingkat nasional, sekaligus di tingkat dunia.

Kumpulan stakeholders Kopi Jawa Barat ini telah sepakat mendirikan satu forum yang bernama “Clearing House Kopi Jawa Barat”. Forum yang didirikan dalam rangka pengembangan sistem perdagangan kopi di Jawa Barat, yang dikelola secara akuntabel, transparan dan terpadu.

Adapun latar belakang dibentuknya Clearing House Kopi Jawa Barat ini, adalah beranjak dari adanya permasalahan yang selama ini dihadapi oleh para petani kopi, antara lain, penetapan berbagai standar kopi yang dihasilkan Jawa Barat, harga kopi belum sesuai dengan standar harga pasar,nilai keuntungan usaha belum secara optimal berpihak kepada petani kopi, dan adanya indikasi jatuhnya harga kopi.

Pertemuan antara stakeholders kopi se-Jawa Barat dengan Gubernur berlangsung di Jalan Cisangkuy Nomor 68 Bandung, sekaligus soft-opening “Java Preanger Coffee House” di samping untuk tempat silaturahim stakeholders kopi sekaligus sebagai Sekretariat “Clearing House Kopi Jawa Barat”.(A-147)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/241534 | File : | Dibaca : 2624 x

Berita Terkait


Form Komentar Berita



Index Berita

 < 1 2 3 4 5 >  Last ›