Selamat Datang di Website Resmi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat
Home »

HASIL KESEPAKATAN PADA PERTEMUAN PARTISIPATIF
16 Juli 2007 00:00:00 192
Penulis : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat

Tepat pada hari Rabu tanggal 4 Juli 2007 Pertemuan  Perencanaan Partisipatif diselenggarakan di ruang pertemuan gedung waduk Jatiluhur yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta   yang diikuti oleh 40 orang peserta petani yang selama ini berkecimpung pada usaha tani komoditi Karet. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Purwakarta, Bapeda Kabupaten Purwakarta, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan kab. Purwakarta serta aparat Kecamatan Maniis dan Desa Tegaldatar,Desa Sinargalih, Ciramahilir dan Sukamukti. Hal ini sejalan dengan program revitalisasi perkebunan diantaranya melalui revitalisasi karet. Berdasarkan kesepakatan bahwa areal yang akan dikembangkan melalui komoditi karet adalah seluas   400  HA. Kegiatan ini akan dimulai pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Program revitalisasi ini merupakan kegiatan yang ditunggu - tunggu oleh petani yang berada di lokasi Kecamatan Maniis ini   . Sejala dengan tujuan dari pada pelaksanaan kegiatan partisipatif ini yang perlu ditindak lanjuti pada tahun- tahun mendatang demi tercapainya kesejahteraan masyarakat petani perkebunan karet serta petani-petani perkebunan lainnya yang tersebar di Jawa Barat . Hal ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Jawa Barat  di bidang perkebunan. Revitalisasi Perkebunan melalui pengembangan karet ini bertujuan diantaranya antara lain :

  1. Meningkatkan kelestarian lahan dan lingkungan melalui budidaya karet

  2. Meningkatkan pendapatan petani perkebunan      Karet

  3. Meningkatkan daya beli petani

  4. Mendukung tercapainya IPM Jawa Barat

  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat perkebunan khususnya dan petani lainnya   di Jawa Barat.

  6. Meningkatkan kontribusi PDRB bidang perkebunan.

 

 

 

 

 

  1.    Semoga melalui pertemuan partisipatif ini dapat merupakan salah satu kegiatan dalam mendukung tercapainya IPM

Sumber : SUB DINAS BINA PROGRAM | File : | Dibaca : 7732 x

Berita Terkait


Form Komentar Berita



Index Berita

Penurunan Harga Gula di Pasaran Mencurigakan

26 Juni 2009 00:00:00

Jum`at, 26 Juni 2009 , 00:37:00CIREBON, (PRLM).- Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) H. Anwar Asmali mensinyalir ada sesuatu yang tidak beres di balik penurunan harga gula putih yang tiba-tiba dalam tiga hari terakhir ini. Menurut Anwar, kecurigaannya didasarkan kepada sejumlah indikasi, di antaranya penurunan harga sangat tiba-tiba padahal stok di pasar tidak terlalu banyak. "Musim giling kan belum selesai, artinya stok gula di pasar tidak banyak. Namun anehnya dalam tiga hari terakhir harga gula tiba-tiba turun," katanya seusai

Harga Rendah, Animo Tanam Jarak Pagar Turun

24 Juni 2009 00:00:00

CIAMIS, (PRLM).- Peluang pasar biji jarak pagar sebagai sumber energi terbarukan, masih terbuka luas. Hanya saja hal itu tidak diikuti dengan pengembangan secara optimal, terlebih dengan rendahnya harga biji jarak serta munculnya tanaman lain yang juga dapat menjadi sumber energi, seperti nyamplung atau hitaulo, .

Pelaksanaan Lelang LPSE Kegiatan Jasa Travel (Tiket dan Akomodasi) di Luar Provinsi (Bali)

23 Juni 2009 00:00:00

Pelaksanaan lelang melalui LPSE untuk Kegiatan Penguatan Kelembagaan dan Permodalan Agribisnis Perkebunan Rakyat Dinas Perkebunan Tahun Anggaran 2009 Pelaksanaan Jasa Travel (Tiket dan Akomodasi) Kegiatan di Luar Provinsi (Bali),

METODE PENGUMPULAN DATA PERKEBUNAN

18 Juni 2009 00:00:00

Bandung, 18 Juni 2009. Data yang berkualitas harus memenuhi kriteria Shaih (Valid), Handal (Reliable), Mutahir (Uptodate), Obyektif (Objective), dan Konsisten (Consistent) serta didukung dengan Sumber Daya Manusia yang memadai, maka dari itu PUSDATIN Departemen Pertanian bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Refreshing Metode Pengumpulan Data Perkebunan dengan petugas Kabupaten dan Provinsi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di Hotel Trio Bandung selama 3 hari dari tanggal 18 – 20 Juni 2009.

‹ First  < 47 48 49 50 51 >  Last ›