•    
  •    
  •    
  •    
Dalam th. biaya 2018 ini, beberapa petani di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) memperoleh pertolongan benih padi yang dianggarkan oleh APBN lewat Kementerian Pertanian serta biaya dari APBD kabupaten itu.

Dari APBN dialokasikan pertolongan bibit cengkeh untuk tempat seluas 400 hektar serta dari APBD kabupaten 200 hektar.

" Pertolongan itu di terima berbentuk benih atau bibit. Dari APBN juga akan di terima lewat provinsi karna pengadaannya di provinsi. Sedang dari APBD kabupaten alokasinya untuk 200 hektar, " kata Kepala Dinas Pertanian serta Perkebunan Mabar, Anggalinus Gapul pada Pos Kupang di Labuan Bajo, Kamis (4/1/2018).

Benih cengkeh, kata dia, adalah pertolongan tanaman perkebunan yang paling banyak di th. 2018 ini pada beberapa petani.

" Kami belum juga memastikan petani di daerah mana saja yang juga akan memperoleh pertolongan itu. Namun kami terima banyak proposal dari grup tani yang memohon bibit cengkeh. Kami juga akan survey tempat yang paling pas, " kata Anggalinus.

Menurut dia, semuanya kecamatan di Mabar pas untuk ditanami cengkeh namun pihaknya juga akan selektif.

Berkaitan tempat, benih cengkeh itu tidak ditanam dalam satu hamparan namun dalam tempat yang tidak sama. Dalam satu tempat diprediksikan seluas 10 hektar.

Terlebih dulu dikabarkan, cengkeh harga hp asus adalah satu diantara komoditi pertanian yang dihandalkan oleh warga Desa Momol, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Sekarang ini hasil per musimnya sejumlah 20 ton serta jadi sumber pendapatan yang menonjol dibanding komoditi yang lain.

" Keadaan tanah di Desa Momol memanglah tidak dapat untuk semuanya type tanaman pertanian serta perkebunan. Namun cengkeh begitu pas hingga dari sekian waktu kami selalu meningkatkan komoditi ini, " kata Kepala Desa Momol, Yuvensius Maldi. Dia didapati di Labuan Bajo, Kamis (30/11/2017).

Disamping itu, beberapa petani yang memiliki tanaman cengkeh di sebagian kecamatan di Mabar, alami tidak berhasil panen komoditi itu pada musim panen 2017 ini.

Tidak berhasil panen cengkeh dikarenakan oleh curah hujan yang tinggi waktu tanaman itu berbunga.

" Musim panen th. 2017 ini, beberapa petani di Kecamatan Ndoso alami tidak berhasil panen cengkeh. Tidak berhasil panen karna waktu cengkeh berbunga, curah hujan tinggi hingga bunganya gugur, " kata Camat Ndoso, Fransiskus Tote yang didapati di Labuan Bajo, Selasa (5/12/2017).

Hal seirama di sampaikan oleh Camat Welak, Veliks Janggur yang didapati berbarengan di Labuan Bajo waktu itu.

" Kecamatan Welak juga mempunyai banyak tanaman cengkeh. Th. 2017 ini petani alami tidak berhasil panen karna tingginya curah hujan saat berbunga. Tidak cuma di lokasi kami namun nyaris semuanya lokasi kecamatan megalami hal yang sama, " kata Veliks. Keduanya menjelaskan, jikalau ada pohon cengkeh yang berbuah jadi produksinya pada th. 2017 begitu kecil.

posted by asepx, 11 months ago
Bahaya Rokok bagi Sistem Pernapasan Manusia menyebabkan dunia barat tidak memproduksi dan membeli banyak.

posted by mastah, 6 months ago