BANDUNG - Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menggelar Workshop Pengelolaan Data Perkebunan 2019. Kegiatan tersebut bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola data perkebunan sesuai pedoman yang berlaku sehingga data yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria data yang berkualitas.

Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 27-28 Februari 2019 di Harris Hotel, Jl. Ciumbuleuit No. 50-58 Kota Bandung ini diikuti oleh kurang lebih 44 orang petugas pengelola data statistik perkebunan dari 22 Kabupaten/Kota Se Jawa Barat. Pertemuan tersebut dibuka dengan laporan Sekretaris Dinas Perkebunan (Dr. Dedi Sutardi, MPd) dan arahan dari Kepala Dinas Perkebunan (Ir. Dody Firman Nugraha). Selanjutnya materi diisi oleh narasumber dari Ditjen Perkebunan Kementrian Pertanian, Diskominfo Jabar serta Petugas Statistik Dinas Perkebunan Jawa Barat.

Dalam laporannya, Dr. Dedi Sutardi, M.Pd menyampaikan bahwa melalui acara workshop ini diharapkan dapat memberikan pembekalan dan penyegaran dalam hal pengelolaan data statistik perkebunan saat ini sehingga data yang diperoleh dapat menjabarkan atau menjelaskan perkembangan/perubahan yang terjadi setiap waktu.

Hal senada pun diungkapkan oleh Ir. Dody Firman Nugraha, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keberhasilan penyajian data dan informasi di Provinsi merupakan resultante dari keberhasilan pengolahan data dan informasi yang dilakukan oleh kabupaten/kota se jawa barat. Selain itu beliau juga menekankan pentingnya kesungguhan dalam mengelola data informasi sehingga data yang didapatkan merupakan data dan informasi yang berkualitas dan dapat dijadikan rujukan bagi perumusan kebijakan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat pemerintahan daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. dengan demikian maka hasil akhir pembangunan akan benar-benar mencapai sasaran terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat secara efektif dan efisien.

Pada hari pertama workshop diisi oleh narasumber dari Ditjenbun Kementerian Pertanian yang memaparkan mengenai pedoman pengelolaan data Perkebunan mencangkup segala metode dan tata cara pengumpulan dan pengelolaan data statistik perkebunan. Sedangkan hari kedua workshop diisi dengan penegasan mengenai tehnik pengumpulan dan pengolahan data perkebunan serta penyampaian beberapa informasi mengenai kegiatan pengelolaan data perkebunan tahun 2019. Selanjutnya pada kesempatan tersebut dilaksanakan pelatihan singkat mengenai pembuatan infografis dalam penyajian data/informasi perkebunan yang dipandu oleh narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat.


Dibaca : 129 kali