Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Sumber Daya Perkebunan, Seksi Sumber Daya Manusia menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Perkebunan selama tiga hari (tanggal 20 s.d 22 Februari 2019) di Kabupaten Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerataan kompetensi pelaku usahatani perkebunan antar wilayah yang dilaksanakan dalam bentuk magang petani perkebunan pada unit usaha yang sudah maju di Jawa Barat. Peserta kegiatan magang berasal dari kabupaten/kota di Jawa Barat.  Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan ditempatkan di 3 lokasi yaitu 2 kelompok di unit usaha tani komoditas kopi dan 1 kelompok pada unit usaha komoditas teh.

Materi kegiatan magang ini adalah agribisnis kopi dan teh. Peserta magang memperoleh pembekalan dari tempat magang berupa pengetahuan dan keterampilan dalam aspek budidaya, pemanenan, pengolahan pasca panen dan pemasaran serta melakukan praktek pengelolaan usahatani kopi dan teh. Di tempat magang mereka juga diajarkan bagaimana cara meracik dan menyajikan kopi layaknya seorang barista di kedai kopi/kafe atau membuat powder tea kemudian menyajikannya menjadi minuman green tea latte atau membuat dodol green tea. Kepada peserta magang diberikan keleluasaan untuk menggali sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman dari tempat magang sehingga sepulangnya nanti mereka dapat menerapkannya pada usahatani masing-masing.

Kegiatan magang difokuskan pada komoditas kopi dan teh yang merupakan komoditas tanaman perkebunan yang banyak diusahakan oleh masyarakat Jawa Barat. Kedepannya jika memungkinkan kegiatan magang ini juga akan diarahkan pada komoditas perkebunan lain yang juga merupakan komoditas strategis seperti karet, kakao, kelapa, tembakau, dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kegiatan magang petani perkebunan ini mendapat respon yang positif dari para peserta dengan antusiasnya mereka mengikuti proses magang, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong motivasi dan kreativitas para pelaku usaha perkebunan dalam menjalankan usahataninya agar dapat terus tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tambah dan pendapatan mereka. (Arniati Rahim)


Dibaca : 65 kali