BANDUNG – Kegiatan jurnalistik bagi pemerintah menjadi hal yang penting untuk mempublikasikan dan mendokumentasikan apa yang ingin, sedang dan akan dilakukan pemerintah dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pelayanan publik, untuk membangun perserpsi dan partisipasi masyarakat untuk mendukung program/kegiatan yang dijalankan pemerintah. Oleh karena itu Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu memahami dunia jurnalistik agar publikasi dan dokumentasi informasi publik berlangsung secara akurat, rapi, menarik dan akuntabel.

Dalam upaya melatih kemampuan jurnalisme Aparat Sipil Negara (ASN) Dinas Perkebunan Jawa Barat, diadakan pelatihan jurnalistik dalam penyusunan naskah berita perkebunan yang diselenggarakan di Ruang rapat Dinas Perkebunan Jawa Barat pada Hari Senin, 11 Maret 2019. Kegiatan tersebut menghadirkan jurnalis dari Harian Umum Pikiran Rakyat, Ir. Kodar Solihat sebagai narasumber.

Sekretaris Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dr. Dedi Sutardi, M.Pd, menyampaikan bahwa di era keterbukaan dewasa ini, pengelolaan data dan informasi menjadi bagian yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena menentukan kinerja pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, serta terkait dengan pembentukan citra pemerintah di mata masyarakat. Arti penting ini, kemudian melahirkan suatu kebutuhan bagi pemerintah untuk dapat mengelola data dan informasi secara baik dan bertanggungjawab

“Banyak ASN yang mampu menyusun tulisan ilmiah, namun kurang mampu dalam menyusun sebuah berita, karena Jurnalistik memiliki paradigma, metode dan teori tertentu. Maka, untuk memahaminya perlu adanya suatu pelatihan jurnalistik kepada pegawai ASN.” ucapnya saat membuka acara pelatihan tersebut.

Melalui kegiatan ini di harapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan jurnalistik dasar para ASN lingkup Dinas Perkebunan Jawa Barat sehingga nantinya mampu mengelola informasi, publikasi serta dokumentasi program dan kegiatan di unit kerja masing-masing. Selanjutnya diharapkan, peserta mencoba mempraktekan menulis berita kegiatan di unit kerjanya untuk kemudian dipublikasikan melalui website. Dengan demikian akan meningkatkan peran website Disbun sebagai media informasi/publikasi perkebunan Jawa Barat

Kodar Solihat Jurnalis Harian Umum Pikiran Rakyat yang hadir sebagai narasumber, menyampaikan garis besar mengenai jurnalistik dasar, selanjutnya membahas secara lebih detail bagaimana menulis sebuah berita yang baik, dari mulai menentukan judul berita sampai sitematikanya. Disampaikan juga bahwa selain harus memahami metode penulisan berita, penulis harus juga memiliki cukup wawasan terkait berita yang akan ditulisnya serta ketekunan untuk melatih kepekaan dan kemampuan dalam menulis berita.

Antusiasme beberapa peserta pelatihan terlihat dengan cukup banyak pertanyaan dan diskusi terkait penyusunan berita. Mempertimbangkan hal tersebut dan untuk terus meningkatkan kemampuan jurnalistik ASN Dinas Perkebunan, panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diupayakan akan diagendakan lagi yang tentunya dengan kemasan yang lebih menarik.  


Dibaca : 540 kali