BANDUNG- Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Ir. Dody Firman Nugraha, bertindak selaku pembina apel pada peringatan Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor  Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Jl. Surapati Nomor 67 Bandung pada Senin (17/03/2019). Dalam kesempatan tersebut, Dody mengamanatkan agar dalam melaksanakan aktivitas kegiatan, para ASN mengacu pada aturan dan tata tertib yang sudah ada, jangan melakukan aktivitas yang tidak benar dan tidak tepat menurut undang-undang dan peraturan lainnya.  

Apel yang dihadiri kurang lebih 120 orang  tersebut, merupakan apel yang dilaksanakan setiap tanggal 17 pada setiap bulannya di lingkungan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, dengan tujuan  untuk memupuk rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap komitmen pelaksanaan kegiatan secara tepat dan benar, selain untuk meningkatkan kualitas pengabdian, dari aspek disiplin, kejujuran, dan sikap.

Apel kesadaran ini,  mengingatkan kita untuk sadar setiap waktu, bahwa benar tidaknya aktivitas yang dilakukan menjadi tanggung jawab bersama. "Laksanakan tugas dengan baik dan benar, sikapi dan hadapi pekerjaan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan”, kata Dody. 

Ia mengajak semua ASN, agar memulai dengan niat dan membaca “Bismillah” dalam melaksanakan aktivitas kegiatan, tidak terkecuali dengan  staf. Jangan membuat komitmen dengan pihak lain terkait aktivitas kegiatan. Komitmenlah dengan diri sendiri, untuk mengabdi pada bangsa dan Negara serta melayani masyarakat dengan sebak-baiknya. Selain hal itu, Ia juga menegaskan kepada semua ASN peserta apel, agar administrasi kegiatan sejalan dengan pelaksanaan di lapangan,  jangan sampai berurusan dengan pihak hukum akibat keteledoran dalam penyelesaian administrasi.

Terkait disiplin kehadiran yang menggunakan Kinerja Mobile (K-Mob), pihaknya meminta agar berkoordinasi ke BKD, jika masih ada ASN yang belum berhasil mengakses dengan K-Mob sementara ASN tersebut hadir setiap hari dan berkinerja baik, artinya “K-Mob masih terkendala, jangan sampai ASN dirugikan”, ucap Dody.

Sesaat sebelum peserta apel dibubarkan, dilakukan penyerahan Surat Keputusan Pengelola Anggaran, dan Penanggung Jawab Kegiatan di masing-masing unit eselon III kepada para Kepala Bidang dan Kepala UPTD.  Usai rangkaian aktivitas apel, peserta pun dibubarkan. (Siti Purnama)


Dibaca : 95 kali