Bandung – Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pengolahan Pemasaran dan Usaha Perkebunan mengadakan kegiatan Pertemuan Pengembangan Pelayanan Informasi Pasar Produk Perkebunan. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari terbukanya Informasi Harga Pasar Produk Perkebunan yang ada di Jawa Barat. Informasi Pasar Produk Perkebunan memiliki peranan penting dalam pembangunan perkebunan yang berkelanjutan, karena dengan informasi pasar produk perkebunan dapat meningkatkan daya tawar petani, memberikan masukan penyusunan kebijakan, meningkatkan arus perdagangan daerah, memberikan masukan acuan usaha tani dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 April 2019 tersebut melibatkan Petugas Pengelola Informasi Pasar (PIP) dari 18 Kota/Kabupaten, Koordinator Petugas Pengelola Informasi Pasar Provinsi Jawa Barat, Pembina Petugas Pengelola Informasi Pasar dan para petani sumber informasi pasar produk perkebunan. Pertemuan ini merupakan kegiatan tahunan, pada intinya membahas mengenai evaluasi Informasi Pasar Produk Perkebunan tahun 2018, sosialisasi penggunaan aplikasi baru untuk input informasi pasar dan permasalahan-permasalahan di dalam pelaksanaan pengumpulan data informasi pasar.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Ir. Dody Firman Nugraha dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa melalui penyediaan informasi pasar dapat mendorong terciptanya sistem informasi, analisis dan penyebaran informasi pasar yang efektif dan efisien, sehingga akan tercipta sistem pelayanan informasi pasar yang cepat, tepat dan berkelanjutan serta terpercaya agar bisa dimanfaatkan oleh pengguna informasi pasar produk perkebunan  selain itu melalui informasi pasar jaringan komunikasi antar petani/pelaku usaha, pedagang pengumpul dan konsumen akan cepat terakses (Rahmat Hidayat).


Dibaca : 187 kali