Purwakarta - Balai Perlindungan Perkebunan (BPP) Dinas Perkebunan Jawa Barat melakukan Sosialisasi Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada Tanaman T e h sebagai kegiatan pertama dari rangkaian Pengendalian OPT pada Tanaman Teh di Kabupaten Purwakarta. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada petani dalam upaya pngendalian OPT sehingga dapat menekan angka pengeluaran petani dalam membeli pestisida kimia serta mengurangi ketergantungan terhadap pestisida kimia, serta terciptanya produk teh yang bebas dari bahan kimia sintetis.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 di kelompok tani Barongmulya Desa Pusakamulya, Kec. Kiarapedes Kab. Purwakarta, dihadiri oleh 25 orang anggota petani yang rata-rata pesertanya merupakan generasi muda sehingga kegiatan sosialisasi berlangsung dengan secara interaktif.

Materi yang disampaikan pada acara sosialisasi ini meliputi jenis-jenis OPT teh, ciri-ciri tanaman yang terserang OPT, pembuatan demplot pengamatan pada area kebun dan langsung dipraktekkan, cara mengisi form pengamatan, pembuatan APH cair dan cara aplikasinya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di beberapa wilayah lainnya, dalam upaya mengendalikan OPT perkebunan di Jawa Barat

(Tim BPP Disbun)


Dibaca : 93 kali