BANDUNG – Kopi merupakan salah satu komoditas strategis perkebunan di Jawa Barat, yang mana saat ini merupakan komoditi perkebunan yang paling signifikan perkembangannya di Jawa Barat. Salah satu kunci keberhasilan dalam pengembangan kopi tentu saja Petani sebagai pelakunya, oleh karena itu dalam rangka meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan petani tentang Budidaya Tanaman, Dinas Perkebunan Jawa Barat melalui Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Kopi.

Bimtek Budidaya kopi dilaksanakan pada Jumat, 03 Mei 2019 di di Komplek Pemda Dinas Pertanian Soreang. Kegiatan diikuti sekitar 50 orang petani dari beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Bandung.  Adapun sebagai narasumber yaitu Dani Dayawiguna, SP., MP. (Kasi Pengembangan Benih di BPPBP). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Dr. Dudung A. Suganda, M.Si. Kepala Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan (BPPBP)

Dalam sambutannya Dudung menyampaikan “Bimbingan teknis budidaya kopi diharapkan meningkatkan wawasan dan keterampilan Pekebun dalam kegiatan budidaya kopi sehingga diaharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman kopi”. Peningkatan produksi dan produktifitas kopi tentu saja sangat diharapkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber mengenai “Budidaya Tanaman Kopi” yang membahas proses budidaya dari mulai persiapan lahan, benih, benih, penanaman dan berbagai teknis buidaya lainnya sampai proses akhir yaitu pemanenan.

Kegiatan Bimtek tersebut perlu terus dilakukan karena memberikan manfaatan  berupa bekal pengetahuan bagi petani khususnya petani pemula yang akan berbudidaya kopi.


Dibaca : 128 kali