Dalam rangka meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan petani tentang Budidaya Tanaman Perkebunan, Dinas Perkebunan Jawa Barat melalui Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan mengadakan “Pertemuan Pembinaan Teknis Produsen Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2019”.

Tujuan Pertemuan ini adalah untuk Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Petani/Produsen benih dalam hal teknologi pembenihan, diseminasi, terimplementasi teknologi pengelolaan tanaman perkebunan.

Pertemuan Pembinaan Teknis Produsen Benih Tanaman Perkebunan Tahun 2019 ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari selasa sampai dengan rabu tanggal 18 s/d 19 Juni 2019, Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan (BPPBP) Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat.

Peserta yang mengikuti Kegiatan ini adalah Penangkar Benih Tanaman Perkebunan dan Petugas Pendamping Kabupaten yang berasal dari : Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Subang, Karawang, Bandung Barat, Majalengka, Ciamis, Tasikmalaya, Kuningan, Sumedang, Garut, Bandung, Pangandaran, dan Kabupaten Cirebon sebanyak 80 orang.

Pembukaan secara resmi oleh Ketua Pelaksana Pertemuan Ir. Taswianingsih, M.P, dan dilanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala Balai BPPBP Dr. Drs. Dudung Ahmad Suganda, M.Si, sambutan Beliau :

  • Materi yang akan disampaikan oleh Narasumber membahas Teknologi baru dibidang Perkebunan;
  • Memanfaatkan mikroba agar tanaman bisa tumbuh lebih cepat dan sehat serta lebih tahan dari penyakit;
  • Produsen benih dituntut untuk melakukan teknologi perbenihan untuk proses percepatan benih, disamping teknis harus berkualitas secara administratif legal dan formal harus diperhatikan.

Adapun penyampaian materi dari Narasumber yang sudah diakui secara Nasional dan menggeluti penelitian dibidang pertanian dan perkebunan di Indonesia, Narasumber dan materi yang disampaikan sebagai berikut :

  1. Intan Taufik

(Dosen dan Peneliti dari ITB)
Materi : "Peran Mikroba pada Pertumbuhan Tanaman"

  • Ancaman Penyakit pada Pertumbuhan Tanaman;
  • Peran Mikroba pada Pertumbuhan Tanaman;
  • Memperluas Jaringan Akar;

Bagaimana Kita memanfaatkan mikroba agar tanaman bisa tumbuh lebih cepat dan sehat serta lebih tahan dari penyakit.

 

2. Ir. Dadang Sumardi. M.P.
(Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH - ITB), Peneliti juga),

Materi : "Peningkatan pertumbuhan Benih Tanaman Perkebunan"

  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan benih;
  • Zat Pengatur Tumbuh;
  • Fungsi Zat Pengatur Tumbuh;

Kegiatan Pembinaan Teknis Produsen Benih Tanaman Perkebunan perlu terus dilakukan karena memberikan manfaatan  berupa bekal pengetahuan bagi Petani khususnya Petani pemula yang akan berbudidaya kopi dan tanaman perkebunan.

Semoga dengan diadakannya Kegiatan Pertemuan Pembinaan Penangkar Bibit Tanaman Perkebunan Tahun 2019 ini dapat bermanfaat khususnya bagi Petani/Produsen benih, sehingga kebutuhan benih unggul berkualitas dan bersertifikat dapat terpenuhi serta dapat mendukung Program Pemerintah untuk mewujudkan “Jawa Barat sebagai Provinsi Benih”, serta Peserta yang mengikuti Kegiatan ini dapat mengamalkan di Daerahnya masing-masing.

 


Dibaca : 138 kali