Dalam rangka memberikan penerapan kepada para petani mengenai penanganan pasca panen dan pengolahan sesuai GHP dan GMP, serta untuk mengetahui sifat karakteristik mutu Kopi Arabika Java Preanger di daerah masing-masing, memberikan wawasan baru kepada para petani mengenai pengenalan cita rasa dan karakteristik dari suatu penyajian minuman kopi, pada tanggal 16 Juli 2019 Bidang Pengolahan Pemasaran Dan Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat mengadakan Kegiatan Demplot Pembinaan Pengolahan Dan Mutu Hasil Kopi Arabika Java Preanger bertempat di Kelompok Tani Mekar Tani di Desa Cibodas Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Dilanjutkan pada tanggal 23 Juli bertempat di Kelompok Tani Baraya Tani di Desa Sunten Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan ini melibatkan 30 petani yang merupakan anggota Kelompok Tani, petugas Dinas Pertanian Kabupaten Garut, petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, Petugas Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat dan narasumber Ayi Sutedja.

Kegiatan ini meliputi teori dan praktek. Secara garis besar materi yang disampaikan memberikan pengetahuan kepada para petani bagaimana cara pemeliharaan tanaman secara sekilas mulai dari pembersihan sekitar tanaman kopi, pemangkasan dan cara pemetikan buah kopi yang baik.  Selanjutnya praktek pasca panen dan pengolahan kopi, mulai dari proses awal (Natural, Honey, Semi Wash, Full Wash), cara penjemuran dan penyimpanan sesuai dengan GMP (Good Manufacturing Process). Pada tingkat berikutnya para petani dituntut ikut dalam proses sortasi Green Bean. Tahap terakhir yaitu proses roasting dan cupping Test (Rahmat Hidayat).


Dibaca : 85 kali