Inovasi Si KONTAK (Sistem Informasi Konsultasi Petani Kebun)

Terobosan dalam mengatasi kendala keterbatasan pendampingan petani perkebunan

 

Si KONTAK (Sistem Informasi Konsultasi Petani Kebun), adalah suatu aplikasi tentang konsultasi  untuk para petani perkebunan secara online, yang bertujuan untuk mengatasi keterbatasan penyuluhan/pendampingan para petani perkebunan dilapangan.

 Latar belakang dibuatnya aplikasi Si KONTAK adalah karena kondisi yang terjadi dilapangan, yaitu: (i) semakin terbatasnya jumlah tenaga teknis dan Penyuluh Pertanian di Lapangan, dimana saat ini rata-rata hanya 1-2 orang PPL Per Kecamatan; (ii) luasnya cakupan pelayanan pembinaan petani perkebunan yang tersebar di 21 Kab/Kota potensi perkebunan Jabar; (iii) semakin berkurangnya forum-forum komunikasi pembinaan petani dilapangan sebagaimana yang dulu pernah semarak diselenggaran (seperti klompencapir, temu wicara, saung meeting, dlsb), serta (iv) semakin menyusutnya keberadaan kelembagaan/Dinas yang membidangi perkebunan di tingkat kabupaten/kota, sehingga banyak para petani perkebunan yang merasa kurang terfasilitasi secara optimal.

Dengan adanya kondisi kendala tersebut diatas, maka banyak persoalan teknis perkebunan yang dihadapi oleh petani di lapangan menjadi kurang teratasi secara optimal. Disamping itu kesempatan petani untuk dapat berdialog dengan para petugas teknis menjadi sangat terbatas, dan akhirnya banyak para petani yang berupaya mencari pemecahan masalahan secara sendiri-sendiri.

Di sisi lain, bahwa kondisi perkembangan teknologi komunikasi di kalangan masyarakat luas hingga ke peloksok desa, termasuk di kalangan masyarakat petani perkebunan sendiri, seperti penggunaan gadget (Handphone) saat ini sudah sangat maju dan menjadi alat bantu komunikasi keseharian.

Dengan melihat perkembangan teknologi komunikasi tersebut, maka dirumuskanlah model konsultasi online ala Si KONTAK, yaitu untuk mengatasi kendala komunikasi penyuluhan/pendampingan para petani perkebunan di lapangan.

 

Cara Menggunakan Si KONTAK

Untuk penggunaan Aplikasi Si KONTAK bisa dilakukan tahapan sebagai berikut:

  1. Mengunduh melalui Google Play Store dengan nama Si Kontak (hejoe), atau bisa klik link ini http://sikontak.disbun.jabarprov.go.id/ , dan setelah di unduh maka nanti Si KONTAK akan tersimpan di gadget dengan logo seperti gambar di awal.
  2. Lakukan pendaftaran dengan mengetik nama, nomer hp dan password (bebas), serta ketik kata kunci yang tersedia. Selanjutnya klik register dan login. Untuk penggunaan lebih lanjut tingggal klik logo Si KONTAK pada layar gadget anda, dan ketikan nomor Hp serta passwordnya.
  3. Selanjutnya ada tiga pilihan menu konsultasi: (i) Konsultasi Langsung, (ii) Konsultasi Template dan (iii) Kamus Perkebunan.
  4. Untuk Konsultasi langsung didalamnya ada beberapa pilihan konsultasi, tergantung kasus permasalahan yang dihadapi, yaitu tentang: Kesekretariatan, Teknik Pembenihan, Sertifikasi & Pengawasan Benih, Teknik Budidaya Perkebunan, SDM Kelembagaan dan Permodalan, Pengembangan dan Perlindungan, Pengendalian Hama Penyakit, serta Pengolahan Pemasaran dan Usaha Perkebunan. Pilihan kategori permasalahan tersebut untuk memudahkan para admin dalam menjawabnya. 

    Setelah pilihan kategori masalah pada menu Konsultasi Langsung, lanjutkan dengan mengetikan isi konsultasinya, bisa dilamfiri juga dengan foto kasusnya (misalnya foto tanaman yang terserang penyakit), kemudian klik kirim. Jawaban akan dikirim balik ke Hp anda, caranya klik “Cek Jawaban” di halaman awal, klik lanjut, klik kode nomer pertanyaan, dan jawaban akan muncul disana.

  5. Konsultasi Template berisi contoh-contoh kasus tanya jawab yang secara umum sering dihadapi petani, ditambah dari kasus konsultasi langsung yang sudah diseleksi. Isi Konsultasi Template bisa jadi pengetahuan petani dan acuan mengatasi persoalan dilapangan. Bisa diibaca sambil istirahat sore dan malam hari. Sedangkan Kamus Perkebunan berisi istilah-istilah umum yang praktis untuk pengetahuan para member/petani. 

    Gambar-gambar tampilan aplikasi Si KONTAK

      

 

Keunggulan Si KONTAK

Aplikasi Si KONTAK ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya, antara lain:

  1. Konsultasi ini bersifat pribadi dan melindungi privasi para petani, dimana tanya jawabnya hanya diketahui oleh petani ybs dengan adminnya saja, atau tidak terpublikasikan secara umum, sehingga para petani tidak perlu ragu atau malu untuk bertanya/curhat secara bebas, karena tidak akan dilihat/direcoki oleh member petani lainnya. Si KONTAK ini seperti layaknya dokter pribadi.
  2. Setiap petani atau member bisa bertanya sepuasnya kepada para admin, kapanpun (pagi, siang, tengah malam) dan dimanapun (di rumah, di kebun, di perjalanan), sehingga para petani tidak perlu menunggu kehadiran petugas teknis yang semakin terbatas kesempatannya;
  3. Pokok permasalahan yang dikonsultasikan kepada admin, disamping akan memberikan jawaban langsung kepada petani ybs, kemudian juga isinya yang bagus akan diolah dan disempurnakan untuk menjadi informasi tanya jawab secara umum, dan akan dimuat dalam Konsultasi Template atau Kamus Perkebunan, sehingga para petani yang lainnya akan mendapat pelajaran/pengetahuan dari kasus tanya jawab tersebut, tanpa harus sering-sering bertanya di menu Konsultasi Langsung.
  4. Konten Konsultasi Template dan Kamus Perkebunan secara bertahap akan menjadi ruang utama pembelajaran petani, atau semacam Buku Saku yang akan menjadi acuan bagi para petani pekebun dalam mengatasi persoalan di lapangan.
  5. Manfaat konsultasi pertanian online ala Si KONTAK ini tidak berhenti pada kemunikasi antara member petani dengan adminnya saja, melainkan untuk kasus-kasus tertentu yang perlu ditindaklanjuti lebih jauh, maka subtansi permasalahannya akan dikirim ke pihak-pihak terkait (Dinas Kab/Kota atau Kementerian Lembaga) sebagai dasar perumusan kebijakan agar segera dapat diatasi secara terpadu.
  6. Semua pihak bisa mendaftar untuk menjadi member Si KONTAK, jadi bukan hanya para petani perkebunan saja, tetapi bisa juga dari kalangan masyarakat umum pemerhati perkebunan, para pelajar/mahasiswa, para petugas teknis dan penyuluh, atau siapapun juga. Disamping itu aplikasi Si Kontak ini bukan hanya untuk masyarakat perkebunan Jawa Barat saja, tetapi lebih lanjut juga bisa dikembangkan atau dimanfaatkkan secara nasional.

 

Sasaran Si Kontak:

Aplikasi Si KONTAK ini dikembangkan dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat petani perkebunan dimana pun berada. Adapun konsep konsultasi secara online ini diharapkan dapat mendorong para petani perkebunan untuk mampu secara mandiri dalam mengatasi persoalan usahataninya, yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi informasi atau alat komunikasi yang telah dikuasainya secara sederhana.

Dengan cara demikian maka para petani akan merasa leluasa mencari jawaban sesuai kebutuhannya, atau punya pilihan dalam memanfaatkan waktunya (misalnya bisa konsultasi sambil berkebun, atau sedang beristirahat), tanpa harus terganggu oleh jadwal-jadwal pertemuan teknis dan lain sebagainya.

 

Originalitas Inovasi Si Kontak:

Aplikasi Si KONTAK ini merupakan inovasi ASLI dan gagasan murni dari innovator sendiri, yaitu sebagai produk proyek perubahan, pada saat mengikuti proses Diklat PIM III Angkatan Ke III di BPSDM Jawa Barat (periode Oktober-Desember 2017). Dimana pada saat aplikasi Si KONTAK ini dikembangkan, belum ada model aplikasi sejenis yang bersifat antar muka (pribadi) yang dapat melayani konsultasi secara personal kepada masing-masing member/petani, seperti layaknya dokter pribadi.

Selanjutnya Aplikasi ini telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat sebagai sarana untuk pelayanan pembinaan para petani perkebunan di Jawa barat.

Untuk menjaga keaslian Inovasi ini, maka Si KONTAK telah didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, serta telah mendapatkan Sertifikat Hak Cipta dengan No. 000146856 tertanggal 19 Juli 2019.

 

Transferibilitas dan Keberlanjutan Si Kontak

Saat ini Aplikasi Si KONTAK hanya berisi materi konsultasi seputar Sub Sektor Perkebunan saja. Namun untuk penggunaan dan pemanfaatan yang lebih luas, sangat diharapkan agar aplikasi ini bisa mencakup pemanfaatan di Sektor pertanian secara keseluruhan, baik di sub sektor  pertanian pangan, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Untuk mewujudkan harapan tersebut perlu adanya koordinasi antar leading sector, terutama dalam hal kordinasi para admin yang akan melayani tanya jawab di Si KONTAK.

Disamping pemanfaatan secara substansi sectoral, juga sangat berharap agar Si KONTAK ini dapat menjadi sarana konsultasi petani secara Nasional.

Keberadaan model Aplikasi Si KONTAK ini sangat dimungkinkan akan terus dibutuhkan dalam jangka panjang, hal itu mengingat bahwa: (i) Provinsi Jawa Barat masih memiliki sumber daya pertanian yang cukup luas dan budaya masyarakatnya yang sangat agraris, sehingga aktivitas pertanian dimungkinkan masih akan terus berkembang, dan tentu saja para petani tersebut masih membutuhkan pelayanan pembinaan; (ii) Bahwa pelayanan pembinaan melalui teknologi informasi/komunikasi semacam ini kedepan akan dibutuhkan secara dominan, mengingat tenaga teknis semakin terbatas dan pola kehidupan masyarakat semakin mandiri. (iii) Nilai ekonomi komoditas perkebunan sebagai bahan baku industri akan semakin dapat diandalkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perkebunan dalam jangka panjang.

 

Pemanfaatan Si Kontak:

Sejak dikembangkan akhir tahun 2017, Aplikasi Si Kontak sudah disosialisasikan kepada masyarakat petani perkebunan Jawa Barat, bahkan ada beberapa provinsi lain yang sengaja melakukan Bencmarking untuk mempelajari Si Kontak, antara lain dari peserta Diklat Pim IV BPS Pusat (tahun 2018), Disbun Sulawesi Selatan, dan Distan Kota Semarang.

Di tingkat petani perkebunan Jawa Barat sendiri sampai saat ini perkembangan pemanfaatan Si Kontak sudah tercatat sebagai berikut: Jumlah Member (1.095), trafic konsultasi langsung (525), Konten Konsultasi Template (750), dan Konten Kamus Perkebunan (425).

Adapun fokus konsultasi yang diminati sampai saat ini, adalah: 35 % aspek Sumber daya Perkebunan; 16% Pembenihan; 12% Budidaya Perkebunan; 11% Kesekretariatan; 9% Pengendalian Hama Penyakit; 8% Pengolahan dan Pemasaran; 7% Sertifikasi Benih; dan 2% Perlindungan.

 

Prestasi Si Kontak:

Apresiasi terhadap keberadaan aplikasi SI KONTAK ditunjukan melalui beberapa event lomba inovasi, antara lain: BPSDM Award 2018 (juara 2), BKD Award 2019 (Juara 3), InovasiTIK Kementan (Juara 3), KIJP (Kompetisi Inovasi Jawa Barat) tahun 2019 (Juara 4). 

 KIJB-2019, Juara IV                                          BKD Award, Juara III                                    Inovasi TIK Kementan, Juara III

 

Keterlibatan pemangku kepentingan

Aplikasi SI KONTAK ini dalam operasionalnya melibatkan kolaborasi dari berbagai pihak yang berkepentingan, sebagai berikut:

  1. Para Pejabat dan Petugas Lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, sebagai admin dan narasumber utama konsultasi dengan member;
  2. Para petani dan pelaku usaha perkebunan sebagai penerima manfaat utama SI KONTAK;
  3. Para Pejabat dan Petugas teknis/penyuluh lingkup Lembaga yang mebidangi perkebunan di Kabupaten/Kota, sebagai narasumber sekaligus penerima manfaat untuk melakukan pemecahan masalah di lapangan berdasarkan narasi konsultasi;
  4. Para pejabat direktorat jenderal perkebunan dan instasi pusat lainnya, sebagai narasumber untuk persoalan strategis nasional, sekaligus sebagai penerima manfaat dari input persoalan lapangan yang disampaikan SI KONTAK uuntuk perumusan kebijakan;
  5. Para pakar perkebunan serta pelaku Dunia Usaha perkebunan, sebagai narasumber ahli untuk mendukung solusi persoalan yang dikonsultasikan
  6. Para pengurus asosiasi petani komoditas perkebunan, selaku member sekaligus narasumber bagi SI KONTAK

 

Pelajaran yang dipetik

Pembelajaran yang dipetik dari Aplikasi Sistem Informasi Konsultasi Petani Kebun (SI KONTAK) ini adalah:

  1. Keterbatasan tenaga teknis dan penyuluh pertanian lapangan (PPL), serta dilikuidasinya kelembagaan perkebunan di tingkat Kabupaten/Kota, tidak perlu menjadi alasan untuk mandegnya komunikasi pembinaan/pendampingan usaha tani perkebunan.
  2. Perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah dan murah hingga ke peloksok perdesaan, bisa dijadikan sebagai alat bantu yang efektif dan efisien dalam mengatasi keterbatasan proses komunikasi dalam pembinaan/pendampingan usaha tani secara optimal, tanpa terkendala oleh jarak, ruang dan waktu
  3. Model aplikasi SI KONTAK bisa menjadi sahabat petani setiap saat, serta bisa mendorong para petani menjadi mandiri, dan Innsya Allah akan dapat mewujudkan para petani Juara yang Milenial dan Digital.

(Ir. Agus Sutirman, MP)


Dibaca : 655 kali