Sudah tahu manfaat cengkeh dalam dunia kesehatan ?
Cengkeh digunakan untuk meredakan sakit perut dan meredakan batuk berdahak. Selain itu, ekstrak cengkeh yang dijadikan minyak juga digunakan untuk mengatasi diare, perut kembung, mual dan muntah, hernia, dan bau mulut.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dentistry diketahui bahwa cengkeh dapat menjadi pengganti obat penahan rasa sakit seperti benzocaine untuk mengatasi sakit gigi dan gusi serta luka pada mulut. Selain itu, Journal of Medical Microbiology menyatakan bahwa cengkeh dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahkan, beberapa penelitian lain menyebutkan cengkeh dapat mencegah ejakulasi dini pada pria.

Dan juga ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cengkeh menghambat sintesis prostaglandin, cydooxygenase, dan lipoxygenase. Eugenol, salah satu komponen bahan kimia pada cengkeh, bertanggung jawab terhadap sebagai pereda nyeri dan antimikroba.

*disclaimer : Informasi yang disediakan di atas bukanlah pengganti rekomendasi medis ya wargi. Selalu konsultasikan dengan dokter atau herbalis Anda sebelum mengonsumsi obat ini.


Dibaca : 71 kali