BANDUNG - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hendy Jatnika, M.M. memimpin kegiatan Konsolidasi Pembahasan Anggara Kegiatan Petani Milenial 2021 yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural Lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Dalam arahannya Kadisbun ingin angggan difokuskan untuk mendorong peningkatan sarana dan prasarana  pengembangan program petani milenial sub sektor perkebunan.  (14/9/2021)

Seperti yang kita ketahui bahwa program petani milenial telah berhasil melahirkan generasi-generasi baru dalam bidang pertanian. Oleh karena itu berdasarkan evaluasi dari pelaksanaan  program petani milenial sebelumnya Kadisbun ingin pelaksanaan Program Petani Milenial  berikutnya lebih baik, dimulai dari sistem rekrutmen, kurikulum hingga sarana dan prasarana.

“Untuk kedepannya kembangkan peserta (petani milenial) dari daerah potensi lalu bimbing di satuan pelayanan (satpel) Dinas Perkebunan selama satu tahun. Sistem rekrutmen lebih sitematis disesuaikan dengan potensi daerah, terutama daerah yang belum tersentuh. Dalam masa itu para peserta dilatih mengenai teknis, selain itu juga dilatih terkait  manajemen meliputi manajemen keuangan. Narasumber boleh dari praktisi atau dari akademisi (perguruan tinggi)” ungkap Kadisbun kepada seluruh peserta yang hadir.

Untuk fokus komoditas sendiri tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan kegiatan Petani Milenial sebelumnya yaitu  kopi, kelapa dan aren karena komoditas tersebut sangat potensial untung dikembangkan di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dengan disusun secara matangnya anggaran untuk kegiatan petani milenial ini maka diharapkan kedepannya akan tersedia sarana dan prasarana untuk pelatihan para petani milenial di satuan-satuan pelayanan milik Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat khusunya dalam bidang perbenihan. Bila sesuai dengan rencana maka akan dibuat mess dan gedung yang didalamnya terdapat fasilitas untuk para petani milenial melakukan praktik terkait  teknis-teknis perkebunan, dimulai dari budidaya, pengolahan hingga pemasaran. (***HUMAS DISBUN)


Dibaca : 44 kali